Dua tahun vacum tidak melahirkan album baru, maka kali ini pen­yanyi Minang Legendaris Elly Kasim meluncurkan albumnya yang ke 100 dengan judul ‘Duet Terpopuler Ian Anas dan Elly Kasim.’ Album yang berisi 10 lagu tersebut bakal diluncurkan hari ini, Senin (4/5) di Century Park, Hotel Senayan,
Jakarta.

Japuiklah Denai ciptaan Syahrul Tarun Yusuf, lagu yang paling hits di antara lagu-lagu lain dalam album tersebut. Menurut rencana, saat peluncuran bakal dihadiri oleh Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi, Walikota Padang Fauzi Bahar, Menteri Sosial Bach­tiar Chamsah, Emil Salim, Agum Gumelar, para sesepuh Minang dan sejumlah artis lainnya yang tergabung dalam AFI dan Indonesian Idol.

Jika tak ada aral melintang pada 16 Juni mendatang, Elly Kasim ini juga mendapatkan penghargaan dari negeri jiran, Malaysia sebagai artis legendaris dengan karya-karyanya yang banyak dimin­ati. Mengawali rekaman pertama tahun 1961 berbentuk piringan hitam engkel yang diproduksi oleh Dimita Record maka sampai tahun 70-an Elly telah membuat sebanyak 21 buah piringan hitam long play yang diproduksi oleh berbagai perusahaan rekaman yang ada di Jakarta. Termasuk juga Philips Record Singapura-Hongkong dan duet dengan Penyanyi Jefree Din di Kuala Lumpur
Malaysia.

Ketika  zaman beralih pada rekaman melalui pita, maka dengan rekaman terbaru ini yang dibuat oleh Anastra Record, Elly telah meluncurkan sebanyak 79 album berbentuk kaset-compact disk dan video CD yang diproduksi Remaco-Musica Surya Emas, Tanama Record dan lainnya. Ini belum termasuk dan dihitung kaset-kaset bajakan atau ulangan rekaman beberapa lagu hitsnya yang dibuat oleh perusahana-perusahana yang tidak jelas identitasnya.

Sejak dari tahun 1970an- sampai tahun 2005, selain membuat album-album solo untuk lagu-lagu Minang, Elly juga melahirkan beberapa album duet, dengan beberapa orang pendamping tetap penyanyi pria seperti Yuni Amir-Nuskan Syarif- Syamsi Hasan- Yan Bastian- dan Tiar Ramon. Kelima orang pasangan duet Elly Kasim ini telah meniggal dunia termasuk musisi yang mengorbitkan Elly pertama kali tahun 1961 bersama Band Kumbang Cari yaitu Nuskan Syarif. Nuskan berpulang ke Rahmatullah pada tanggal 13 Pebruari 2007 lalu.

Dengan Ian Anas

Kini dengan Anastra Record, walaupun masih menampilkan lagu-lagu lamanya yang pernah hits seperti “Japuilah Denai- Bayangan Uda- Pantai Padang- Ampun Mandeh” dan lainnya. Elly bukan saja didam­pingi oleh pasangan duet baru Ian Anas, tetapi juga berhasil mempersembakan lagu-lagu yang sudah menjadi bagian dari kenangan abadi yang meresap dalam lubuk hati urang awak. Musiknya digarap sesuai dengan trend dan selera masa kini. Dan yang lebih penting lagi, suara Elly masih tetap sama dengan suara emasnya ketika masih muda dahulu. Anda tidak percaya? Cobalah nikmati dan simak dengan seksama.

Mengenai pasangan duet barunya: Ian Anas, sudah tentu tidak bisa diperbadingkan dengan siapapun. Maupun dengan pasangan-pasangan duet yang sudah berlalu itu, karena sebagai seniman dan penyanyi Ian jelas mempunyai warna suara tersendiri, dan memiliki kualitas emosi sendiri dalam memberikan sentuhan bathin dalam penghaya­tannya terhadap lagu.

Begitulah, Album ke-100 ini, diproduksi Anastra Record, dengan supervisor Eci Novalina dan aransemen musik Osep dan Ian Anas.103

1 Response to “Seni Budaya”


  1. 1 Fadli Juli 30, 2007 pukul 1:15 pm

    Mohon dukungannya untuk project pendokumentasian secara online lirik-lirik lagu minang periode 1950-1995
    Info selanjutnya silahkan klik link berikut ini
    http://laguminanglamo.wordpress.com/about/
    dan
    http://laguminanglamo.wordpress.com/undangan-berkontribusi/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Desember 2016
S S R K J S M
« Sep    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: