Selamat Semen Padang

Pertandingan Indonesia Premier League (IPL) yang mempertemukan Semen Padang melawan Persiraja Banda Aceh di GOR H Agus Salim Minggu (24/6), berakhir manis buat kubu tuan rumah. Dengan skor 3-1 itu, menasbihkan si Kabau Sirah menjadi pemuncak IPL musim 2011/2012.

Bagi SP, mahkota juara tersebut merupakan buah kerja keras, kekompakan tim serta dukungan luar biasa finansial dari manajemen dalam mengarungi kompetisi. Pergantian jabatan pelatih dari Nilmaizar ke Suhatman Imam tidak mengurangi daya saing dan semangat tim dalam bertanding.

Suhatman Imam pun cukup bijak saat menukangi SP di pertengahan musim. Ia tidak banyak mengubah skema tim dan taktik. Jadi Suhatman Imam patut diberi apresiasi karena bisa menjaga keharmonisan para pemain di dalam dan di luar lapangan.

Memang Nilmaizar meninggalkan warisan tim yang mumpuni kepada Suhatman. Tapi kalau warisan itu tidak terjaga dengan baik, bukan mustahil SP gagal memenuhi target yang dicanangkan manajemen di awal musim.

Banyak komentar miring dari sejumlah orang yang menyatakan kalau SP itu tidak menemukan lawan sepadan di IPL. Lawannya terlalu mudah dikalahkan. Tidak ada persaingan sengit. Banyak tim lemah di IPL.

Bahkan ada yang menyangsikan, jika SP bertarung di ISL, juara tidak akan pernah tercapai. Alasannya, di ISL bercokol tim tangguh. Sebut saja seperti Sriwijaya FC, Persipura, Persib Bandung dan lainnya.  Jadi pencapaian SP tidak terlalu mengejutkan.  Komentar miring itu sah-sah saja. Siapapun berhak untuk berkomentar.

Dalam sejarahnya, SP pernah menjuarai Piala Liga Milo pada 1992. Pemain di skuad SP memang cukup berkelas. Sebut saja Nilmaizar, Delvi Adri, Trisno Affandi, Wellyansyah, Afdhal Yusra, Endra Mahyuni, Taufik Yunus, Maskur Rauf. Dengan punggawa seperti itu, sehingganya mereka memang pantas jadi juara.

Mereka juga pernah maju ke semifinal Liga Indonesia 2001/2002. Di bawah pelatih Suhatman, langkah Semen Padang dihentikan Petrokimia Putra 2-4 melalui adu penalti di Stadion Utama  Senayan, Jakarta.

Setelah itu prestasi mereka hampir tidak ada lagi. Manajemen dinilai pelit untuk menggelontorkan dana demi SP. Jadilah Kabau Sirah hanya klub medioker dalam setiap kompetisi. Tidak ada keinginan untuk mengejar prestasi. Pemain yang datangkan pun tidaklah hebat-hebat betul. SP waktu hanya tim yang untuk memuaskan dahaga sepakbola masyarakat Sumbar. Tidak lebih dari itu.

Pada 2009/2010, manajemen mulai merubah kebijakannya. Tidak lagi pelit. Mungkin karena PSSI waktu itu membuat liga lebih profesional dan ada siaran langsungnya. Berkaitan dengan PT SP sebagai sponsor utama, hal itu bagus untuk promosi perusahaan. Yang jelas kalau prestasi sepakbola bagi, maka citra perusahaan pun terangkat.
Manajemen berani merekrut sejumlah pemain hebat. Marcio Souza, Antonio Claudio, Enjang Rohiman, Ahmad Kurniawan mereka beli. Arcan Iurie pelatih yang disegani, juga didatangkan.

Usai lolos ISL dengan peringkat ke III, SP betul-betul serius di kancah persepakbolaan tanah air. Sejumlah pemain didatangkan lagi untuk mengarungi ISL yang lebih keras David Pagbe, Saktiawan Sinaga, Heru Nerli, Vendry Mofu, dan kembalinya si anak hilang Ellie Aiboy. Prestasi di ISL 2010/2011 cukup hebat. Kualitas Nilmaizar mulai tampak. SP menjadi kuda hitam. Peringkat empat pun berada di tangan.

Di IPL 2011/2012, SP pantas menjadi juara. Tiga tahun, waktu yang cukup panjang bagi manajemen membentuk skuad yang bermental juara. Terlepas dari plus minus IPL, jujur saja, SP membuktikan kualitasnya.(*)

0 Responses to “Selamat Semen Padang”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Juli 2012
S S R K J S M
« Mar   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: