Polisi Popeye, Ajarkan Masyarakat Bercocok Tanam

PADANG – Dari sebuah video di youtube. Video berjudul Polisi Popeye menceritakan perjuangan seorang anggota kepolisian di Mentawai yang mengajarkan masyarakat di sana cara bertanam sayur untuk kebutuhan sehari-hari. Itu merupakan video yang pernah tayang di salah satu televisi nasional.

Video tersebut diupload melalui media youtube 11 Mei 2012 yang lalu oleh akun bernama ophan74.  Saat ini sudah 222 pengunjung yang melihat video tersebut. Respon mereka yang melihat sangat positif. Mereka menilai apa yang telah dilakukan polisi itu merupakan contoh baik bagi masyarakat.

“Memang polisi seperti ini yang dibutuhkan oleh masyarakat. Polisi yang mempunyai keahlian lain diluar profesi kepolisiannya. AKP Hanafi selain sebagai seorang polisi dia juga seorang insinyur, yang mempunyai ilmu tentang pertanian dan peternakan. Berbekal ilmunya itulah sebagai “entry point” untuk mendekati diri dengan masyarakat yang sesuai sekali dengan kebutuhan masyarakat Mentawai ini. Semoga para polisi lain juga meniru langkah beliau, Bravo AKP Hanafi, Jayalah kepolisian RI,” komentar akun Maizufri.

“Saya kira saat ini yang dibutuhkan di tengah masyarakat adalah polisi “perintis” yang menjadi agen perubah dan yangg membuka dirinya mnjadi pendamping dan “lantera” untuk menerangi lingkungan masyarakat. Mampu menjadi “pelopor” memecahkan problem real masyarakat. Masyarakat saat ini sedang butuh pembimbing untuk keluar dari masalah-masalah riil mereka di tengah kehidupan nyata mereka. Saudara Hanafi, selamat. Anda harus berbuat lebih banyak lagi, sehingga masyarakt benar-benar merasa diayomi. Terima kasih,” komentar akun Herwandi bin Hayapas.

Kepada Singgalang Hanafi mengaku tidak tahu soal keberadaan video di youtube tersebut. Siapa yang menguploadnya juga tidak dikenal. Hanya saja beberapa waktu lalu pernah ada wartawan dari televisi nasional yang meliput kegiatannya sewaktu bertugas di Kepulaaun Mentawai.

“Sekarang saya dinas di Papua. Saya tidak tahu apakah kebun sayur itu masih ada atau tidak. Saya sih berharap masyarakat tetap bergiat bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” katanya ketika dihubungi.

Ia menjelaskan, tidak ada motivasi apapun untuk mengajarkan pertanian di Mentawai. Hal itu semata-mata dilakukan agar masyarakat bisa mengolah lahan tidur menjadi produktif.

Lagipula tugas seorang polisi tidak hanya melindungi tetapi juga mengayomi masyarakat. Mengajarkan masyarakat bercocok tanam merupakan bagian tugas mengayomi masyarakat. Tidak ada kepentingan apapun.

“Saya sedih dengan kehidupan masyarakat di Mentawai. Mereka memakan sayuran dari Padang. Padahal kalau sayur dari Padang sampai di Mentawai sudah tidak segar lagi. Terpikirkan oleh saya mengajarkan cara bercocok tanam kepada masyarakat. Tujuannya agar mereka bisa memenuhi kebutuhan sayur sendiri dan tidak perlu lagi bergantung pasokan dari Padang,” katanya.

Kebetulan, ilmu bercocok tanam itu pernah didapatnya sewaktu kuliah dulu. Ia mengaku merupakan jebolan sarjana pertanain di salah satu universitas swasta di Padang. Berbekal ilmu pengetahuan itulah ia menularkannya kepada masyarakat Mentawai. Mulai dari membuat bedeng, memilih bibit, memberi tanaman dengan pupuk kandang.

Kerja keras selama di Mentawai itu akhirnya dapat dinikmati masyarakat. Mereka sudah mulai bisa menanam sayuran. Bahkan ada sebagain sayuran itu yang dijual.

“Secara tidak langsung ini bisa meningkatkan perekonomian masyarat,” tambahnya.

Ia menambahkan, polisi itu adalha mitranya masyarakat. Tanpa dukungan masyarakat, polisi tidak akan bisa bekerja secara optimal. Pun sebaliknya. Hubungan antara polisi dan masyarakat saling berkaitan. (*)

0 Responses to “Polisi Popeye, Ajarkan Masyarakat Bercocok Tanam”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Juli 2012
S S R K J S M
« Mar   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: