Casillas el Mejor Portero

Sejak digulirkannya penghargaan pemain terbaik Eropa pada 1956, baru sekali seorang kiper yang menerima. Si penerima itu adalah Lev Yashin asal Uni Soviet. Waktu itu kiper legendaris itu menerimanya pada 1963 saat memperkuat Dinamo Kiev.

Setelahnya, tidak ada lagi kiper yang diganjar penghargaan individu terbaik tersebut. Rata-rata yang menerimanya bermain di posisi striker dan gelandang. Posisi bek memang ada juga tapi tidak terlalu banyak. Terakhir di posisi bek yang menerima penghargaan itu adalah Fabio Cannavaro.

Majalah France Football,  media yang memprakarsai lahirnya penghargaan Ballon d’or menulis bahwa kapten La Roja Iker Casillas layak mendapatkan penghargaan bergengsi itu.

Mereka menuliskan alasan dari opini mereka itu. “Dia layak mendapatkan Ballon d’Or karena telah berhasil bertahan di puncak penampilan bersama Spanyol sejak 2008. Bukan itu saja, Casillas tetap tenang, dan ketenangannya membuat penampilannya makin bagus.””Untuk itu semua, Casillas layak mendapatkan Ballon d’Or,” tulis France Football dalam edisi khusus mereka yang membahas pemain -pemain terbaik Euro 2012.

Sepanjang turnamen, Casillas hanya kebobolan satu kali saat melawan Italia di laga perdana. Dia memang kebobolan dua kali ketika melawan Portugal, namun itu terjadi pada babak adu penalti.

France Football juga mengulas penampilan Casillas di final melawan Italia. “Casillas menjalani final yang sempurna. Dia menunjukkan kemampuan di udara yang bagus, refleks dan keahlian teknisnya juga sempurna. Gawang Spanyol sangat aman ketika dia yang menjaganya.

Seorang legenda dunia Pele juga menyatakan demikian. Casillas layak diberikan penghargaan. Bukan hanya kepiawaiannya menghalau bola tetapi juga kesesantunannya di lapangan. Lihat saja pada pada final EURO 2012 saat Spanyol berhadapan dengan Italia.

Unggul 4-0, di menit-menit akhir sang Iker meminta wasit untuk segera menyudahi pertandingan. Ia tidak ingin Italia semakin tersakiti. Jelas waktu itu Italia tidak mungkin lagi mengejar ketertinggalan  empat gol. Bahkan Italia dikurung habis oleh Spanyol.

Ia elah menjadi penjaga gawang utama Madrid sejak tahun 1999 menggantikan kiper senior asal Jerman, Bodo Illgner.

Pada final Liga Champions 2000, Casillas menjadi kiper paling muda yang tampil di final kejuaraan antar klub paling bergengsi di Benua Biru. Saat Real Madrid menang 3-0 atas Valencia, Casillas masih berusia 19 tahun.

Peran Casillas di Real Madrid semakin tak tergantikan ketika pada bulan Februari 2008 menandatangani kontrak jangka panjang hingga 2017 dengan klausul pembelian seharga 128 juta poundsterling.

Kalau soal prestasi, tidak ada yang meragukannya baik di tingkat klub maupun tim nasional. Spanyol diantarkannya meraih Piala Dunia 2010. Lalu Piala Eropa dua kali yakni pada 2008 dan teranyar di 2012.

Di tingkat klub sudah berkali-kali Real Madrid meraih bersama pria gentleman ini. Mulai dari La Liga sampai Piala Champion. Sudah tidak diragukan lagi kalau Casillas merupakan kiper terbaik saat ini.

Hanya sayang, selama ini posisi kiper tidak dianggap. Lihat saja Peter Schmeicel. Seharusnya sewaktu mengantarkan Denmark juara Piala Eropa dan MU menjadi Juara Champion, kiper legendaris tersebut layak diganjar Ballon d’Or.

Persaingan menuju penghargaan itu memang ketat. Ada nama Andres Iniesta yang menjadi pemain terbaik Eropa dan Xavi Hernandez yang merupakan kompatriotnya di timnas Spanyol. Belum lagi ada nama sepeti Lionel Messi peraih Ballon d’Or tiga kali berturut-turut. Juga ada nama Christiano Ronaldo rekan satu klubnya di Real Madrid.

Memang ke emmpat nama tersebut merupakan pemain hebat. Namun melihat raihan di musim 2011/2012 dengan mengantarkan Real Madrid lepas dari bayang-bayang Barcelona usai menjuarai La Liga dan mempertahankan Piala Eropa bersama Spanyol, selayaknyalah Cacillas merada di pole position. Casillas memang el mejor portero. (*)

0 Responses to “Casillas el Mejor Portero”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Juli 2012
S S R K J S M
« Mar   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: