Dari Press Gathering Telkomsel 2008 di Jabar (1)

perahuPADANG–Asapnya masih mengepul di kawah dilingkupi perbukitan seperti sampan yang masih hijau. Bau melerangnya pun masih men¬yengat hidung. Ratusan orang setiap hari ke sana, menyaksikan kuasa Tuhan Yang Maha Pencipta.
Gunung Tangkuban Perahu yang berada di Kecamatan Lembang, Kabupa¬ten Bandung, Jawa Barat masih molek seperti dulu. Seperti gadis yang masih terjaga keasriannya. Tangan manusia hanya sekedar mempercantik kemolekannya. Kecantikan yang menyedot perhatian setiap orang untuk melihatnya.
Puluhan wartawan dari berbagai media di Sumatra bersama Telkomsel berkesempatan mengunjungi kemolekan Tangkuban Perahu. Kunjungan itu merupakan rangkaian dari  Press Gathering  Telkomsel 2008.
Gunung Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu berada sekitar 20 kilometer ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya. Gunung Tangku¬ban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini stratovulcanodengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat.
Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.
Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 derajat celcius pada siang hari dan 2 derajat celcius pada malam hari.
Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu dikaitkan dengan legendaperahu2 Sang¬kuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi menga¬jukan syarat supaya Sangkuriang membuat perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu itu, sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.
Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia.
Keberadaan gunung ini serta bentuk topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di setiap sisinya menguatkan teori keberadaan sebuah telaga (kawah) besar.
perahu1Di Gunung Tangkuban Perahu, Anda bisa memanfaatkan jasa transpor¬tasi di sana. Yakni berupa mobil minibus dengan 14 penumpang. Sesampainya di sana, Anda bisa menyaksikan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu. Anda pun bisa membeli cenderamata baik baju sampai angklung. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal. Asal bisa menawar.

1 Response to “Dari Press Gathering Telkomsel 2008 di Jabar (1)”


  1. 1 adhe Juni 4, 2009 pukul 6:41 am

    mas eriandi q ade q pngn bngt ke bndung ke gunung tangkuban perahu tolongin q donk mas q kn orng miskin g pny wat ongkos


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: