Ketika Wartawan Mendemo Tentara

Oleh wartawan21Selasa siang (23/12) sekitar pukul 11.00 WIB sekitar 50 orang lebih wartawan Kota Padang yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Anti Kekerasan menggelar aksi damai untuk tiga rekan kami yang dilempari batu oknum Kompi C Senapan Siteba Padang. Aksi dimulai dari Kantor Padang Pers Club (PPC) Jalan Raden Saleh, menyisiri jalan Sudirman. Singgah sebentar ke Polda Sumbar, Korem hingga ke Kantor PWI Sumbar di Jalan Bagindo Aziz Chan Padang.
Sebelum menggelar aksi, kami para kuli tinta juga menyiapkan orat-oret dari karton yang berisikan tulisan tentang prostes atas tindak kekerasan yang dilakukan oknum TNI kepada tiga rekan kami. Tulisan itu di antaranya berbunyi ‘TNI Bukan Untuk Memukul Wartawan’, Hukum TNI Yang Lindungi Jambret’, Pena Lebih Tajam Dari Bedil, ‘Jurnalis Adalah Pembawa Wartawan Bukan Pembawa Petaka’, Hormati UU Pers No.40 tahun 1999′,
Saat meninggalkan markas di Jalan Raden Saleh seluruh wartawan diharuskan menggunakan helm untuk penutup kepala. Hal itu dilakukan agar wartawan siaga, kalau-kalau TNI kembali beraksi melempari wartawan dengan batu maka kepala bisa dilindungi. Seperti yang dialami rekan kami, Budi Sunandar (Global TV), Tomi Derafers (RCTI), Rian Taufik (ANTV). Mereka dilempari batu saat menjalankan tugas pada Senin malam sekitar pukul 20.15 WIB. Ketika itu mereka mendapat informasi tentang jambret yang dikejar Polantas yang bernama Novika Toni Syahputra. Saat mereka sampai di TKP, suasana sudah memanas dan Putra sapaan akrab untuk polisi yang berpangkat Bripda itu sudah babak belur oleh belasan oknum TNI. Malam itu ia berusaha menangkap jambret yang merupakan oknum TNI, tapi dia malah dipukuli ramai-ramai oleh berlasan oknum TNI Kompi C tersebut.
Saat itulah tiga rekan kami dari TV nasional tersebut mencoba mengambil gambar dari luar pagar. Tapi sayang mereka dilempari batu, Budi terkena pelipis mata dan kepala bagian belakang, Tomi (punggung dan kaki), sedangkan Riyan sempat ditodong dengan senjata laras panjang milik TNI.
Dalam menggelar aksi damai tersebut kami para wartawan menyuarakan yel-yel tentang tingkah laku TNI yang anarkis, yang masih menggunakan gaya orde baru. Padahal, beberapa waktu lalu Panglima TNI baru saja membuat pernyataan akan memberantas tindakan anarkis kepada siapa saja yang melakukan perbuatan tersebut.
Sebelum berkumpul di PPC tempat mangkalnya para wartawan, masing-masing wartawan yang ada di kota ini telah mendapat pesan singkat, isinya tentang tiga wartawan yang dilempari batu oknum TNI saat bertugas. Harap berkumpul di PPC. Kontan saja isi pesan singkat itu membuat geram sipenerima pesan, lalu berkumpullah pewarta itu untuk menggelar aksi solidaritas. Agar aparat tidak semena-sena kepada wartawan, apalagi saat menjalankan tugasnya sebagai seorang jurnalis.
Aksi solidaritas itu dikawal mobil foreider Poltabes Padang. Aksi wartawan juga didukung ratusan mahasiswa dari Unand dan UBH. Mereka juga menentang kekerasan yang dilakukan oknum TNI tersebut.
Sesampai di PWI rombongan wartawan dan ratusan mahasiswa tersebut disambut Ketua PWI Basril Basyar dan Dasrul Djabar anggota DPR RI Komisi Tiga. Mereka kecewa atas tindakan oknum TNI yang melempar wartawan saat bertugas.
Persatuan Wartawan Indonesia, Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI)  mengutuk aksi kekeran yang dilakukan oknum TNI tersebut.
Dandim 0312 Padang Letkol Harris Sarjana saat silaturahmi dengan wartawan mengatakan, ia akan mendorong pemeriksaan terhadap oknum TNI tersebut dengan setransparan mungkin.
“Tidak ada yang ditutup-tutupi. Kalau bersalah tentu ditindak. Sekarang yang perlu dilakukan kita hormati proses hukum azaz praduga tidak bersalah,” ajak Harris.

0 Responses to “Ketika Wartawan Mendemo Tentara”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: