Pesona Danau Singkarak dan Ikan Bilih

Pasir yang halus membentang di pinggir. Dipermainkan riak kecil. Dari kejauhan beberapa orang berada di perahu di tengah air menikmati keindahan alami yang ditawarkan. Ini dipercantik dengan hamparan Bukit Barisan yang mengelilingi. Gunung Singgalang dan Merapi menjulang tinggi menjadi penjaga.

Pesona dari Danau Singkarak tidak pernah putus kalau diceritakan. Objek wisata yang satu ini menjadi salah satu primadona pariwisata bagi Kabupaten Solok, Sumatra Barat .Letaknya pun strategis berada di antara Kabupaten Tanah Datar dan Solok.

Kab. Solok kaya dengan danau. Dari data Pemkab Solok, Danau Singkarak salah satu dari lima danau yang dijadikan sebagai objek wisata unggulan. Empat danau yang lain yakni Danau Diatas yang terletak di kecamatan Lembah Gumanti pada dataran tinggi Alahan Panjangdengan luas lebih kurang 17,19 hektare. Lalu Danau Dibawah dengan luas lebih kurang 16,83 hektare ini terletak sekitar satu Km di sebelah selatan Danau Diatas. Danau ketiga dinamakan Danau Talang yang terletak di kecamatan Lembang Jaya berada lebih kurang 2 Km dari danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Dibawah).

Danau Singkarak merupakan danau terluas. Danau ini merupakan danau terluas kedua di Sumatra setelah Danau Toba. Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar dengan luas 107,8 hektare.

Pemandangan di Danau Singakarak masih seperti dulu. Pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang tepian danau, menjadi pembatas antara daratan dan air. Lingkungan yang asri hawanya yang sejuk menjadi kenikmatan tersendiri berkunjugn ke sana. Danau Singakarak berada sekitar 80 kilometer dari Kota Padang. Berangkat ke sana dari Padang bisa menggunakan angkutan umum dengan biaya sekitar Rp20 ribu.

Berada di Danau Singkarak, tidak nikmat rasanya kalau tidak berenang. Airnya yang jernih seperti menghimbau-himbau untuk direnangi. Agar lebih aman di sekitar danau ada penduduk yang menyewakan ban karet. Tarifnya pun tidaklah mahal hanya Rp1.000, ban sudah bisa dibawa pakai untuk berenang.

Untuk menjelajahi Danau singkarak bisa menggunakan perahu. Di sana terdapat perahu motor dan becak danau yang akan membawa anda mengelilingi dan menikmati kesejukan semilir angin danau di atasnya.

Tarif yang mesti diyar untuk mengelilingi dan menikmati keindahan alam di atas danau juga relatif murah. Untuk perahu motor anda cukup membayar Rp10.000 per orang dengan kapasitas perahu sekitar 20 orang. Untuk becak danau anda hanya perlu mem­bayar sekitar Rp5.000 saja per orang dengan kapasistas 5-7 orang

Ada keistimewaan yang hanya dimiliki Danau Singkarak. Yakni terdapatnya spesies ikan langka yang mungkin hanya satu-satunya terdapat di dunia. Spesies ini bernama Ikan bilih (Mystacoleucus padangensis).

Ikan ini, tidak bisa dibudidayakan di luar habita­tnya yang asli, baik itu di aquarium, kolam, bahkan dalam jala terapung yang ada di Danau Singkarak sekalipun. Ikan bilih ini mirip teri, namun hidup di air tawar.

Oleh warga sekitar, ikan ini menjadi sumber mata pencaharian. Karena ikannya semakin langka, harganya pun lumayan bervariasi. Di tingkat para nelayan di Danau Singkarak, harganya berikisar Rp10 ribu hingga Rp15ribu. Akan tetapi, kalau sduah masuk ke pasar, harganya meningkat. Ada yang menjual sekitar Rp25 ribu hinga Rp50 ribu.Di sekitar Danau Singkarak, ada warga yang buka rumah makan dengan menu andalannya ikan bilih.

3 Tanggapan to “Pesona Danau Singkarak dan Ikan Bilih”


  1. 2 desiska April 27, 2011 pukul 1:44 pm

    iya bgtu indah nya negri kita qu bnga telah tingal dan dibesarkan disan

  2. 3 Oncezz Farera Muc November 14, 2011 pukul 11:19 am

    aku ikutttttttttttttttttttttttttttttttt


Tinggalkan komentar




Tangkelek

Oktober 2008
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabung dengan 300 pelanggan lain

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang