Di Musim Pilkada, Selembar KTP Rp25 ribu

PADANG–“Maaf bu, punya KTP tidak?” kata seorang ibu muda kepada Widya, 25, beralamat di Air Dingin, Padang. Widya pun menjawab tidak. Alasannya karena KTP yang lama sudah habis dan tengah diurus di kelurahan.
Widya pun balik bertanya kepada perempuan itu, untuk apa KTP buat perempuan muda tersebut. “Tidak untuk apa-apa, hanya minta dukun¬gan terhadap calon walikota ini,” ujar perempuan muda itu kemu¬dian berlalu.
Sebelum pergi Widya sempat melihat buku yang dibawa perempuan itu. Terselip sejumlah fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).
Widya pun cukup maklum dengan keadaan seperti sekarang ini. Selembar fotokopi KTP dan KK saat ini begitu berharga bagi sege¬lintir orang.
“Saya pikir, KTP itu tidak hanya untuk megurus kredit atau mengisi buku tabungan saja. Tapi bisa juga menjadikan orang duduk menjadi walikota. Hebat nian fotokopi KTP ini,” kata Widya.
Kumpul-mengumpul KTP ini tidak hanya terjadi di Air Dingin. Hampir di sejumlah kecamatan, kelurahan tim sukses calon kepala daerah (Cakada) sibuk mencari dukungan.
Lain lagi cerita kumpul-mengumpul KTP di daerah sekitar Pasar Raya, Padang. Mainnya agak kareh snek . Tim yang bertugas mengum¬pulkan KTP untuk pasangan calon perseorangan, tidak segan-segan menawarkan imbalan berupa uang kepada para pedagang. Bahkan situasinya sudah seperti transaksi jual beli sayur saja. Kalau pedagang yang dimintai KTP nya menolak, maka tim tersebut akan merayu dengan menaikan harga atau imbalannya.
Seperti kejadian hari Minggu (29/6) kemarin, di salah satu sudut Pasar Raya Padang. Salah seorang amak-amak pedagang sayur, sebut saja namanya Erni, terlihat tertawa lebar sambil memegang uang Rp25 ribu. Kepada temannya, Erni mengatakan kalau uang itu adalah pemberian dari salah satu tim pasangan cakada Kota Padang, dari calon independen.
“Lumayan dapat uang dari fotokopi KTP. Bisa tambah untung mengga¬las,” ujar Erni.
Kehadiran Singgalang di tempat itu, sepertinya tidak mengganggu kesibukan Erni maota dengan temannya itu. Bahkan diakhir percaka¬pan mereka, Erni juga tidak lupa meminta temannya untuk jangan sembarangan saja memberikan KTP nya pada orang lain, kecuali kalau ada kompensasinya.
Mengumpulkan fotokopi KTP dan KK memang menjadi kewajiban bagi calon independen untuk maju pada Pilkada Kota Padang. KPU Kota Padang jauh-jauh hari sudah membuat aturan jumlah dukungan yang wajib dimiliki setiap pasangan Cakada untuk maju.
Ketua KPU Kota Padang Endang Srimulyani beberapa waktu lalu mengatakan, untuk maju, setiap Cakada wajib mempunyai dukungan sebanyak berdasarkan keputusan KPU Kota Padang Nomor: 46 tahun 2008 sebesar 4 persen dari jumlah penduduk Kota Padang (Data Badan Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Padang 668.972 jiwa) = 26.759 jiwa pemilih.
Dukungan dibuat dalam bentuk surat dukungan disertai dengan fotokopi KTP atau surat keterangan tanda penduduk yang masih berlaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
“Dukungan dibuktikan dengan KTP, KK, paspor, surat keterangan domisili yang dikeluarkan lurah/camat,” kata Endang. Masyarakat yang berhak memberi dukungan setiap Cakada telah berusia 17 tahun atau pernah kawin dan terdaftar sebagai pemilih.
Surat pernyataan memberikan dukungan kepada bakal pasangan calon yang ditandatangani atau cap jempol oleh pendukung secara kolek¬tif atau individu.
“Dukungan itu diketahui atau disetujui oleh bakal pasangan calon di atas kertas bermaterai cukup atau kertas segel dengan menggu¬nakan formulir yang dikeluarkan KPU,” tambah Endang.
Tidak boleh dilupakan, dukungan untuk pasangan calon perseorangan tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan Kota Padang (minimal enam kecamatan). Eriandi/M.Rifki

0 Responses to “Di Musim Pilkada, Selembar KTP Rp25 ribu”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: