LPJK dukung Gapeksindo

Padang–Langkah DPD Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Sumbar yang melakukan ‘pembelaan’ terhadap anggotanya yang terjerat proses hukum, mendapat dukungan dari Lembaga Pengembangan Jasa Kontruksi Nasional (LPJK) Sumbar.

Melalui Ketuanya M. Nurnas, LPJK menilai sudah seharusnya organisasi profesi memberikan perhatian dan dukungan moral bagi anggota yang tengah menghadapi berbagai masalah, termasuk yang berhadapan dengan proses hukum.

“Mengenai perkaranya pengadilan yang akan memutuskan. Tetapi organisasi harus memberi dukungan moral, agar berjalan sesuai prosedur dan hak-hak tersangka tidak dikebiri,”katanya di Padang.

Selain menyiapkan pengacara, seharusnya Gapeksindo juga memberikan jaminan penangguhan penahanan terhadap M Khalif Indra, Ketua Gapeksindo Bukittinggi yang ditahan Kejari Lubuk Basung atas tuduhan korupsi proyek pekerjaan Jalan Perumnas Talago dan Jalan Silayang Hilir Parik Ampu Agam.

“Anggota Gapeksindo itu di Sumbar mencapai 1.300 orang. Saya rasa jika mereka memberikan jaminan, akan menjadi pertimbangan yang kuat bagi aparat hukum untuk memberikan penangguhan penahanan,”lanjut Nurnas.

Namun, ia berharap hal-hal seperti ini tidak berlaku bagi Khalif saja. Tetapi kepada semua anggota Gapeksindo yang terjerambab dalam masalah yang sama. “Ini bisa terjadi pada siapa saja. Gapeksindo pun harus berlaku sama bagi yang lain jika mengalami nasib serupa,”tuturnya lagi.

Selain itu ia berharap, Gapeksion secara kontiniu memberikan pelatihan dan program lainnya kepada anggota untuk peningkatan pemahaman terhadap aturan yang ada. Sehingga semaksimal mungkin terhindar dari jeratan hukum.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Gapeksindo Sumbar tidak lepas tangan terhadap anggotanya yang terjerat berbagai masalah, termasuk yang tengah berhadapan dengan proses hukum. Begitu juga bagi M Khalif Indra.

Direktur CV Khandra Utama, kontraktor yang mengerjakan proyek pembangunan jalan itu ditahan di Lembaga Permasyarakatan Maninjau Agam sejak 5 Juni lalu hingga sekarang.

Ketua Gapeksindo Sumbar Ir Soetrisno menyatakan, selain dukungan moral, pihaknya sudah meminta bantuan pengacara dari Kantor Hukum Ekuator Padang untuk membela hak-hak Khalif selama proses hukum berlangsung

“Ini sebagai bentuk kepedulian kita. Sebagai organisasi profesi, tidak hanya sebatas hubungan kerja tetapi juga dalam hal seperti ini, dan itu berlaku bagi semua anggota. Bahkan yang tidak angota tetapi mengadu ke Gapeksindo juga akan dibantu,”lanjutnya.

Meskipun demikian bukan berarti Gapeksindo dalam hal ini melawan kepada aparat penegak hukum. Tetapi dengan bantuan pengacara dan dukungan moral itu, diharapkan hak-hak tersangka diberikan, dan proses hukum berjalan sesuai prosedur dan aturan yang ada.

Khalif ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pekerjaan Jalan Perumnas Talago, cor beton sepanjang 1500 meter dan Jalan Silayang Hilir Parik Ampu, cor beton 1500 meter yang dianggarkan APBD tahun 2007 dengan nilai sekitar Rp566 juta.

Proyek Dinas PU Kabupaten Agam tersebut dikerjakan CV Khandra Utama dengan jangka waktu 90 hari, terhitung mulai 13 September sampai 11 Desember 2007. Menurut jaksa, sampai berakhir kontrak pekerjaan belum juga selesai. Namun rekanan melaporkan pekerjaan telah selesai 100 persen. Laporan selesai ditandatangai PPK, konsultan pengawas dan KPAnya dibuat atas laporan kemajuan fisik yang diajukan rekanan.

1 Response to “LPJK dukung Gapeksindo”


  1. 1 kandra Januari 30, 2009 pukul 9:23 am

    mo kasih da lah mamposting tentang masalahko… tapi sayang pengacara yang ditunjuk dek gapeksindo mambuek gaek wak paniang dek nyo dak pernah ma acuahkan berkas gaek wak. akhirnyo di undur taruih se sidang nyo… bilo kepastiannyo ka wak dapek???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: