Gugatan Praperadilan 41 Pengacara Ditolak Hakim

Padang—Majelis hakim Pengadilan Negeri Padang menolak gugatan sidang praperadilan yang dilakukan 41 pengacara dalam kasus penahanan pengacara Manatap Ambarita, S.H.

Dalam sidang yang digelar di PN Padang, Rabu (23/4) majelis hakim Zulkifli, S.H. menyatakan, alasan penolakan karena tidak satupun dari 41 pengacara dari sejumlah organisasi pengacara dan advokad tersebut menandatangani surat permohonan praperadilan.

Surat kuasa harus ditandatangani, jika tidak maka tidak sah surat tersebut. Sehingga tidak ada alasan lain bagi majelis untuk dengan tegas menolak gugatan 41 pengacara kepada Kejaksaan Agung RI cq Kejati Sumbar cq Kejari Tua Pejat.

Salah seorang penasehat hukum Manatap Ambarita, Metra Akmal, S.H., menyesalkan dengan putusan yang diucapkan majelis hakim. Ia menilai sikap majelis hakim ambivalen. Disatu sisi, hakim membenarkan Pasal 123 KUH Perdata, yang menyatakan pemberian kuasa kepada seorang penasehat hukum, boleh dinyatakan secara tertulis ataupun lisan. Disisi lain, hakim dalam pertimbangan putusannya menyatakan, kuasa pemohon pra peradilan kepada penasehat hukumnya tidak sah.

”Saya heran, kalau surat kuasa dianggap tidak saha, mengapa sidang berlanjut hingga keluarnya putusan,” kata Metra. Walau begitu, ia dan rekan pengacara lainnya menerima apapun putusan majelis hakim.

Manatap Ambarita, S.H., 42,dibui jaksa. Ia menjadi tahanan Kejaksaan Negeri Tua Pejat karena menghalangi jaksa melakukan proses penyidikan kasus korupsi, pada tanggal 4 April 2008 lalu. Manatap Ambarita adalah pengacara Afner Ambarita, S.T., 39, pimpinan kegiatan, tersangka dugaan korupsi proyek perbaikan jalan dan jembatan Mentawai tahun 2005.

Manatap ikut mendekam menemani kliennya yang terlebih dahulu ditahan jaksa penyidik pada pukul 03.30 WIB, di hari yang sama. Penahanan terhadap advokat asal Jakarta Barat ini dilakukan setelah Kajari Tua Pejat, Undang Mangopal SH menyatakan, sedianya Afner harus memenuhi panggilan tim jaksa penyidik Kejari pada 09.00 WIB, Kamis (3/4). Namun yang datang hanya Manatap.

0 Responses to “Gugatan Praperadilan 41 Pengacara Ditolak Hakim”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: