Pertama di Sumbar, Jaksa Tahan Pengacara

Padang–Ini pertamakali terjadi di Sumatra Barat. Manatap Ambarita, S.H., 42,dibui jaksa. Ia menjadi tahanan Kejaksaan Negeri Tua Pejat karena menghalangi jaksa melakukan proses penyidikan kasus korupsi, Jumat (4/4). Manatap Ambarita adalah pengacara Afner Ambarita, S.T., 39, pimpinan kegiatan, tersangka dugaan korupsi proyek perbaikan jalan dan jembatan Mentawai tahun 2005.

Penahanan terhadap Manatap itu membuat beberapa pengacara di Sumbar agak kaget. Mereka menilai, tindakan yang diambil kejaksaan terlalu berlebihan.

Ketua Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI) Sumbar Rusdi Zen, S.H., mengatakan tindakan yang diambil kejaksaan terlalu berlebihan dan menganggu jalannya profesi dan penegakkan hukum.

“Tapi, kalau jaksa mempunyai alasan kuat untuk menahannya, silahkan saja. Di pengadilan nantinya yang menetukan siapa yang benar dan yang salah,” kata Rusdi.

Manatap Ambarita juga tidak bisa menerima penahanan yang dilakukan jaksa. Sebagai penegak hukum, ia hanya menjalankan profesi untuk membela kliennya yang mendapat persoalan hukum.

“Kenapa ini dilakukan. Saya ini advokat dan bertindak sesuai dengan profesionalisme pengacara,” kata Manatap.

Manatap mengatakan, istrinya di Jakarta telah melaporkan kejadian yang menimpanya itu kepada Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Dr. Otto Hasibuan, S.H., dan Ketua Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Denny Kalimang, S.H. Mereka akan melaku­kan upaya hukum atas penahanan dirinya.

Kepala Kejaksaan Negeri Tua Pejat Undang Mugopal, S.H., M.H., menyatakan, penahanan terhadap Manatap terpaksa dilakukan karena tersangka menghalang-halangi tugas kejaksaan dalam melakukan proses penyidikan. Manatap diduga melanggar pasal 21 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Awalnya saat Afner harus menjalani pemeriksaan di Kejati Sumbar, Kamis (3/4). Akan tetapi Afner tidak memenuhi panggilan jaksa. Manatap sebagai pengacara kemudian mendekati jaksa penyidik. Kepada jaksa, Manatap mengatakan, belum bisa mendatangkan kliennya karena harus mempelajari terlebih dahulu kasus kliennya.

Namun, jaksa tidak bisa menerima alasan itu. Setelah didesaki akhirnya Manatap berjanji menghadirkan Afner paling lama dua jam. Namun setelah ditunggu-tunggu, klien dan pengacara itu tidak juga muncul. Bahkan, handphone keduanya dinon aktifkan.

Takut buruannya melarikan diri, jaksa kemudian mencari Afner dan Manatap. Seluruh penginapan yang ada di Kota Padang digeledah, tidak juga didapti. Hingga pukul 23.30 WIB akhirnya jaksa mendapati Manatap tengah berjalan di lobi salah satu hotel di Padang. Tidak mau membuang waktu, akhirnya jaksa mengamankan Manatap. Tidak berapa lama kemudian After baru bisa diamankan. Selanjutnya klien dan pengacara itu menginap di hotel prodeo.

Afner terjerat kasus dugaan korupsi, berawal dari dana rutin dari pusat yang digelontorkan ke Dinas Kimpraswil untuk pemeliharaan jalan dan jembatan, sebesar Rp2,5 miliar pada tahun 2005. Total yang direalisasikan hanya Rp937,5 juta. Dana ini juga ada yang di-SPJ-kan sebesar Rp429 juta.  Hingga akhir tahun 2005, terdapat sisa hingga Rp736,5 juta. Dengan perincian, anggaran pemeliharaan rutin pemeliharaan jalan dan jembatan Rp508 juta, sisa anggaran rutin Rp53 juta dan sisa anggaran pendamping Rp174,7 juta. Sisa anggaran tersebut, harus disetorkan paling lambat hingga 10 Januari 2006. Namun dana tersebut menurut dugaan jaksa ada pemindahan semua dana tersebut. Hingga terkesan tidak bersisa. Sebelumnya jaksa sudah menahan mantan Kepala Dinas Kimpraswil Kabupaten Mentawai Ali Arifin dan pegawainya Rinaldi.

0 Responses to “Pertama di Sumbar, Jaksa Tahan Pengacara”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

April 2008
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: