Honda Raja di Dunia Roda Dua

 honda.gif

PADANG—Kalau ditanyakan kepada khalayak ramai, sepeda motor apa yang terbukti bandel dan irit di Indonesia ini, tentu mereka berucap sama, Honda! Dan jika ditanyakan lagi sepeda motor merek apa yang terbukti tangguh sejak puluhan tahun dan bernilai jual tinggi serta pemakaian BBMnya paling irit, mereka juga mengucap satu kata, Honda!

Merek Honda secara tidak resmi sudah tertanam di benak rakyat Indonesia. Itu bisa dibuktikan manakala kita mendengar percakapan keseharian masyarakat Indonesia tentang sepeda motor. Mereka kadangkala mengatakan Honda untuk menyebut sepeda motor. Di Sumatra Barat hal itu memang terjadi. Masyarakatnya menyebut sepeda motor dengan Honda. Tidak merek lain. Hal ini sudah terjadi sejak produk Honda menyerbu Sumbar sejak tahun 1970-an. Mungkin di daerah lain fenomena seperti ini juga terjadi.

Dengan demikian, Honda sudah menjadi merek dagang yang betul-betul dicintai dan diterima masyarakat Indonesia. Ini menjadi pertanda Honda merajai pangsa sepeda motor di Indonesia.

Ada beberapa keunggulan  produk Honda yang dirasakan masyarakat. Antara lain, mesinnya yang terkenal bandel. Lihat saja jenis Astrea keluaran tahun 70-an yang dikenal Astrea Bulan (Asbul) sampai saat ini masih berseliweran di jalan.

Selain itu, harga jualnya tinggi. Jadi, pemilik sepeda motor Honda tidak perlu takut kalau harga sepeda motor merek lain jatuh saat dijual. Karena, kepercayaan masyarakat terhadap sepeda motor Honda baik yang baru atau bekas, kalau dijual harganya tetap saja tinggi. Ini sudah terjadi bertahun-tahun lama dan tetap terus bertahan.

Kalau dirunut ke bawah, adapaun kelebihan sepeda motor Honda terletak pada pemakaian bahan bakarnya yang irit. Lalu sudah sangat dikenal masyarakat, kemudian harga jual tinggi, suspesnsinya enak, teknologinya canggih dan top speednya mantap.

Untuk menjaga kualitas dan kenyamanan masyarakat, Honda membuka bengkel resmi yang tersebar di seluruh pelosok tanah air dengan nama Ahass. Hampir di setiap jarak antara 1-2 kilomter, bengkel dengan merek Ahass mudah ditemukan. Dengan banyaknya bengkel tersebut, sepeda motor Honda juga menyediakan spare part (suku cadang) asli.

Pada 30 November 2007 lalu, sejarah dicatat PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen serta distributor sepeda motor Honda di Indonesia. Sejarah itu adalah tercapainya produksi ke-20 juta unit sepeda motor Honda. Produk yang ke-20 juta itu Honda Supra X 125 PGM FI.

Ini tercatat dengan tinta emas sejarah otomotif di Indonesia. Bahkan di tingkat dunia, torehan yang dilakukan PT AHM menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di kawasan ASEAN mencapai produksi ke-20 juta.

Apa yang dilakukan PT AHM bukanlah peristiwa sekejap. Butuh keprofesionalan dan keseriusan mewujudkan Honda sebagai pioner indusri otomotif di tanah air.

Sejarah itu dimulai pada 1971 lalu. Di pabriknya yang pertama berdiri di kawasan Sunter I, Jakarta Utara, produksi sepeda motor itu dimulai.

Dari sanalah kemudian muncul pabrik Honda baru dan jenis produk baru. Penyebabnya, karena semakin meningkatnya permintaan terhadap sepeda motor jenis Honda. PT AHM lalu terus melakukan inovasi dan meningkatkan kapasitas. Pada tahun 1996, PT AHM mendirikan pabrik keduanya di Pegangsaan dan pabrik ke 3 di Cikarang pada tahun 2005. Dengan ke 3 pabrik tersebut, yang juga ditunjang oleh tenaga kerja yang handal serta fasilitas mesin-mesin produksi mutakhir, mampu menghasilkan 3 juta unit sepeda motor Honda setiap tahunnya.

Dengan demikian, sudah 36 tahun lamanya Honda melayani masyarakat. Honda mengantarkan petani pergi ke sawah. Honda juga mengantarkan seorang ayah pergi ke tempat kerja. Mengantarkan istri ke pasar atau anak-anak pergi ke sekolah dan juga mengangkut barang-barang.

Pencapaian ini tidak dengan gampang diraih dan tidak pula dalam waktu sekejap. Butuh keprofesionalan dan keseriusan dalam berbuat serta menjaga kepercayaan masyarakat.

PT AHM merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerja sama antara Honda Motor Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia.

Keunggulan teknologi Honda Motor diakui di seluruh dunia dan telah dibuktikan dalam berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda pun mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin “bandel” dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis. Tidak heran, jika harga jual kembali sepeda motor Honda tetap tinggi.

Astra International memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di Indonesia, berkat jaringan pemasaran dan pengalamannya yang luas. Astra juga mampu memfasilitasi pembelian dan memberikan pelayanan purna jual sedemikian rupa sehingga brand Honda semakin unggul.

Komitmen AHM melalui produk dan segala aktifitasnya, membawa misi yang tidak pernah berubah yaitu sebagai perusahaan yang selalu dapat memenuhi kebutuhan konsumen, masyarakat Indonesia.

Karena kepercayaan masyarakat yang selalu terjaga itu, PT AHM kerap dianugerahi penghargaan. Pada   18 Juli 2007 lalu, PT AHM mendapat penghargaan The Best Corporate Image untuk kategori kendaraan roda dua dari “The 7th Indonesia’s Most Admired Companies (IMAC) Award 2007.

Penghargaan dari Majalah BusinessWeek dan Frontier Consulting Group ini diserahkan langsung oleh Chairman of Frontier Consulting Group, Handi Irawan dan Managing Editor Business Week Indonesia, Andrianto Soekarnen kepada Marketing Director AHM, Johannes Loman.

Penghargaan yang telah diberikan sejak tahun 2004 tersebut, diukur berdasarkan beberapa dimensi. Tolak ukur pertama adalah kualitas yang meliputi kualitas perusahaan dalam memberikan perhatian kepada pelanggan, kualitas produk, pelayanan yang diberikan, kepercayaan dari stakeholders dan inovasi.

Tolak ukur kedua adalah kinerja dan ketiga tanggung jawab yang meliputi tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial. Tolak ukur terakhir yakni daya tarik perusahaan yang terdiri dari kemampuan perusahaan untuk dapat menarik calon karyawan yang memiliki kemampuan dan keahlian yang terbaik.

Penilaian tersebut melibatkan lebih dari 100 perusahaan di Indonesia. Ikut terlibat di dalamnya sebanyak 1.420 responden yang terdiri dari jurnalis, investor, high level executive dan publik yang tersebar di Kota Jakarta dan Surabaya. Penghargaan tersebut adalah upah dari konsistensi dalam menjaga metodologi pengukuran yang fair dan akurat.

Sebelumnya pada November 2006 lalu, Honda juga menerima penghargaan tiga kategori “Motor Terbaik 2006”. Tidak main-main, yang memberikan penghargaan itu adalah Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT). Yang menjadi penilaian adalah desain, handling, frame  dan resale value.

Tiga motor terbaik itu yakni , The Best Underbone 4-tak 111-125 cc diraih Honda Supra X 125R,  The Best Sport 157-250 cc direbut Honda Tiger dan The Best Scootermatic didapat Honda Vario.

Saat ini, pasar sepeda motor di Indonesia merupakan pasar sepeda motor terbesar ke tiga di dunia. Pasar sepeda motor di Indonesia terus berkembang pesat dan untuk itu AHM akan selalu berusaha untuk memberikan produk dan teknologi yang bisa memenuhi keinginan konsumen di Indonesia.

Data yang didapat dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia  (Gaikindo), penjualan sepeda motor pada Januari 2008 mencapai 473.060 unit atau naik sekitar 38 persen dibandingkan periode yang sama sebanyak 342.773 unit. Penjualan sepeda motor terdiri dari motor Astra (Honda) sebanyak 208.130 unit dan penjualan motor non Astra sebanyak 264.930 unit. Ini mengindikasi¬kan minat masyarakat Indonesia cukup tinggi untuk memiliki ken¬daraan bermotor. Hal itu juga mendakan bahwa Honda masih tetap merajai industri sepeda motor di Indonesia.

Untuk mempertahankan posisi itu, PT AHM terus berupaya menjadi pemimpin pasar dengan cara selalu memenuhi kebutuhan konsumen. AHM juga terus berusaha secara aktif berperan dalam implementasi teknologi yang ramah lingkungan dan cocok untuk kehidupan sehari-hari, di mana AHM selalu berusaha untuk menghasilkan produk memiliki kadar emisi gas buang yang rendah, irit serta memenuhi Euro 2.

Dalam implementasi ramah lingkungan tersebut, AHM ikut aktif mensosialisasikan penggunaan Bio-Premium sebagai bahan bakar alternatif bagi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan. Tujuannya tentu saja ikut serta menciptakan udara lebih bersih dan sehat.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan keaktifan Honda dalam mensukseskan kegiatan road show Bio-Premium pada 6-8 September 2006 yang diaakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup bekerja sama dengan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) roda dua dan roda empat.

Dalam kegiatan tersebut, AHM mengikutsertakan dua unit Honda Supra X125R. Dan, dalam rangkaian acara dengan rute Jakarta-Cirebon-Bandung-Jakarta itu, masyarakat diberikan informasi tentang manfaat penggunaan Bio-Premium sebagai bahan bakar alternatif yang bebas timbal.

Menurut Head of Coorporate Communication AHM Bandung, Kristanto, pada saat itu, partisipasi Honda dalam kegiatan itu adalah untuk mendukung pengembangan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan sekaligus sebagai tahapan uji coba produk Honda untuk menggunakan bahan bakar alternatif Bio-Premium.

Teknologi

PT AHM terus memanfaatkan teknologi untuk kemajuan. Teknologi yang saat ini dikembangkan adalah hybrid yakni perpaduan antara teknologi mesin yang menggunakan bahan bakar minyak dan energi listrik (electrical energy). Untuk diketahui, teknologi seperti ini sudah diterapkan pada kendaraan roda empat (mobil).

Pabrikan berlambang sayap ini telah berbuat lebih maju dibandingkan yang lain. Di saat produk lain masih berkutat dengan pengapian menggunakan platina, CDI dan teknologi karburator, PT AHM malah meluncurkan penggunaan terknologi injeksi pada produk Supra X 125 PGM-FI. Biasanya teknologi tersebut sudah digunakan pada sepeda motor balap. Dengan demikian Honda (bebek)lah produk di Indonesia yang pertama kali menggunakan teknologi injeksi sebelum diikuti pabrikan lain. Sampai kini PT AHM merupakan satu-satunya pabrikan yang melahirkan sepeda motor berteknologi injeksi di segmen underbone (bebek).

Teknologi injeksi adalah upaya memaksimalkan pencampuran bahan bakar bensin dengan oksigen di ruang bakar. Tenaga yang dikeluarkan menyesuaikan pasokan bensin. Sehingga pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit sekitar 33 persen dibandingkan menggunakan teknologi karburator.

Pengembangan teknologi kebanggaan Honda itu dilakukan sejak 2005 lalu. Hal itu diikuti dengan pelatihan secara kesinambungan tentang perawatan dan perbaikan sistem injeksi tersebut kepada seluruh mekanik AHASS di seluruh Indonesia. Namun, pengembangan teknologi itu tidak membuat AHM langsung jor-joran menjual produk andalannya. Hal itu dimaksudkan agar pemahaman tentang teknologi injeksi dapat lebih optimal.

Program fuel injection (GM-FI), adalah sistem supai bahan bakar (injeksi) menggunakan teknologi kontrol (ECM). Fungsi ECM untuk mengontrol pasokan bahan bakar dan udara yang dibutuhkan  mesin secara optimal dalam setiap kondisi.

Tidak hanya pada Supra X 125 PGM-FI sejumlah produk lain juga memiliki konsep masa depan seperti pada Revo. Revo merupakan produk revolusioner yang diluncurkan PT AHM.  Walaupun menggunakan karburator Supra Fit, tapi disain bodinya dinilai maju ke depan. Pabrikan Honda berani melakukan revolusi disain bodi. Modelnta stylish, dinasmis, sporti dan aneka warna pilihan. Sebelumnya, Honda dinilai paling pelit untuk mengubah disain bodi.

Sistem karburator yang dikembangkan untuk Revo, diciptakan dengan teknologi yang lebih presisi. Penyetelan karburator yang sempurna tidak bisa dilakukan di tempat lain selain di Ahass yang memiliki standar pelayanan konsumen.

Hasilnya, meskipun mesin berteknologi karburator, namun dikembangkan dengan teknologi lebih maju. Produk tersebut lebih irit bahan bakar dan memiliki standar gas buang yang ramah lingkungan. Keiritan konsumsi bahan bakar teknologi Honda, berkat pengaplikasian Econo Engine Features mesin empat langkah dengan teknologi TSS (Throtle Switch System).

Sudah bertahun-tahun lamanya Honda menjadi salah satu pemain pasar kendaraan roda dua yang paling ditakuti di dunia, termasuk di Indonesia. Bertahun-tahun sepeda motor merek Honda menjadi raja di pasar kendaraan roda dua.

Pertumbuhan konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Di tengah-tengah persaingan yang begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang baru, sepeda motor Honda yang sudah lama berada di Indonesia, dengan segala keunggulannya, tetap mendominasi pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan angkutan yang tangguh, irit dan ekonomis.

Bagi Honda, dominasi pasar bukan hanya pada kelas tertentu, tetapi hampir di semua jenis sepeda motor, khususnya sepeda motor bebek. Predikat raja pasar sepeda motor ini terus disandangnya sampai saat ini. Menjaga kepercayaan masyarakat menjadi modal utama.

 

4 Responses to “Honda Raja di Dunia Roda Dua”


  1. 1 nashir Februari 28, 2008 pukul 7:38 am

    Teknologi injeksi memang cukup bagus. Terlebih lagi ketika kondisi harga bbm yang melonjak tajam. Akan tetapi, perlu diingat bahwa rancangan yang baik akan selalu menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika dengan 100 cc saja sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, mengapa masih berlomba-lomba merancang dengan kapasitas mesin yang lebih besar? Kok tidak mencoba memikirkan bagaimana mengoptimalkan kembali mesin 100 cc!

  2. 2 Darmawan September 11, 2008 pukul 2:43 am

    Piye leh hondaku megapro 2007 gak iso mlayu dhuwure 180km/jam ki piye yo?

  3. 3 makin17@yahoo.com Mei 24, 2009 pukul 8:02 am

    tolong bantuan penjelasannya dong, gimana kalo honda supra x 125 pgm melewati banjir apa bisa bertahan, soalya banyak sensornyan trims, tolong kirm ke email saya makin17@yahoo.com

  4. 4 makin17@yahoo.com Mei 24, 2009 pukul 8:02 am

    tolong bantuan penjelasannya dong, gimana kalo honda supra x 125 pgm FI melewati banjir apa bisa bertahan, soalya banyak sensornyan trims, tolong kirm ke email saya makin17@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Februari 2008
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: