Gempa Tiba-tiba Mengguncang

PADANG–Kamis (4/1) pukul 14.29 WIB, tiba-tiba saja bumi bergoyang. Warga Kota Padang panik. Mereka berlarian ke luar ruangan. Ada yang sampai terjatuh-jatuh ketika menyelamatkan diri di sebuah gedung perkantoran swasta di Jalan Damar, Padang.

“Kencang benar gempa tadi,” kata Ade kepada temannya. “Ya. Saya melihat gedung ini bergoyang-goyang sekitar dua menit,” balas temannya itu.

Gempa yang terjadi siang hari sekitar pukul 14.29 WIB itu membuat gempar warga Kota Padang. Mereka berlari sekencang-kencangnya ke luar rumah. Ada yang memekik sambil minta tolong dan ada pula yang berlari sambil memanjatkan doa.

“Bisa copot jantung saya ini. Melihat kawan kabur lari ke luar, saya pun mengikutinya. Untung tidak jatuh,” kata Sulaiman yang berkantor di Jalan Proklamasi.

Arus lalu lintas di sepanjang Kota Padang menjadi macet. Bunyi klakson mobil dan sepeda motor semakin menambah kepanikan warga. Ada yang bergegas berlari ke rumah melihat keadaan istri. Ada pula terus sibuk memecet nomor handphone. Entah siapa yang dihubunginya.

Pasien dan pengunjung di rumah sakit ikut berlarian keluar. Ada yang menangis-nangis dan ada juga yang terpaku antatar sadar dan tidak.

Di sejumlah pasar swalayan dan plaza suasana kepanikan juga terjadi. Maklumlah, sebagian besar bangunan pasar swalayan yang ada di Kota Padang rusak akibat gempa pada tahun 2007 lalu. Bahkan, saat ini, perbaikan masih dilakukan. Bahkan karena menyelamatkan diri, ada beberapa pemilik toko tidak sempat menutup tokonya ketika menyelamatkan diri.

Hendri misalnya. Melihat bangunan sudah bergoyang dan sejumlah pengunjung plaza kabur menyelamatkan diri, ia juga ikut-ikutan berlarian ke luar. Sampai-sampai toko yang ia punya lupa ditutup.

“Untung saja, ketika kembali ke toko, tidak ada barang-barang yang hilang,” ucap Hendri.

Di Painan, Pesisir Selatan gempa juga terjadi. Rico warga Painan menyatakan, warga ketakutan karena gempa. Mereka masih trauma dengan gempa yang terjadi pada September 2007 lalu.

“Karena gempa susulan tidak terjadi, warga sudah kembali ke rumah masing-masing,” tuturnya.

Tidak semuanya panik

Ternyata, tidak semua warga Kota Padang panik. Di Pasar Raya Padang dan di pinggir Pantai Padang warga di sana biasa-biasa saja ketika menghadapi gempa. Mereka menganggap itu sudah biasa jadi tidak perlu ditakutkan. Selain itu, warga tersebut juga menganggap posisi berdiri mereka aman dari resiko jika terjadi reruntuhan.

“Terasa oleh saya tadi ada gempa mengguncang. Tapi saya tidak cemas, karena sudah terlalu sering diguncang gempa,” kata Bainar.

Aal tahun 2008, inilah gempa pertama terjadi di Sumatra Barat ini. Badan Meteorologi dan Geofisika Padang Panjang mencatat, kekuatan gempa sekitar 6,3 skala rcihter dengan kedalaman 44 Km. Koordinatnya berada di 3,03 Lintang Selatan dan 100,61 Bujur Timur.

Letak gempa berada di 75 Km barat daya Muko-Muko, Bengkulu. BMG menyatakan, gempa tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Sumarso mengatakan, gempa yang terjadi sekitar pukul 14.29 WIB, belum tentu merupakan gempa susulan yang terjhadi pada September 2007 lalu.

Pada intinya, gempa adalah pelepasan energi di lapirsan bumi. Fluktuasinya tidak bisa membedakan apakah gempa itu susulan atau tidak. Sumarso tidak bisa mempredisikan kapan gempa susulan kembali terjadi lagi.

“Biasanya memang, setelah gempa besar, disusul dengan gempa yang intensitasnya lebih kecil,” katanya lagi.

Pakar gempa dari Universitas Andalas Badrul Mustafa menegaskan, gempa yang terjadi itu merupakan susulan gempa pada September 2007. Sebab, terorinya, gempa susulan terus berlanjut enam bulan setelah terjadinya gempa besar.

“Saya memperikirakan, gempa susulan terjadi hingga Maret 2008. Terhitung sejak September 2007. Namun, masyarakat jangan khawatir, biasanya gempa susulan itu semakin kecil kekuatannya dan tidak berpotensi terjadi tsunami,” katanya.

Di saat Pulau Jawa dilanda banjir, harga minyak dunia diguncang ‘gempa’ naik menjadi US$100 /barel, Sumbar pun ikut diguncang bencana di awal tahun 2008.

 

0 Responses to “Gempa Tiba-tiba Mengguncang”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: