Sumbar Tidak Kalah dengan Bali

Pulau Bali memang sudah lama dikenal dunia dengan pariwisatanya. Alam dan kebudayaan yang menakjubkan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke sana.
Namun, sebenarnya Sumbar tidak kalah dibandingkan Bali. Alam dan kebudayaannya yang ditawarkan untuk pariwisata juga ada. Hanya saja, yang berbeda pengelolaannya.
Di Bali itu, pemerintah dan masyarakatnya bertangungjawab terhadap pariwisata. Mereka sadar bahwasannya jika tidak ada wisatawan datang ke Bali, alamat buruk nasib perekonomian mereka.
Tanggungjawab tersebut mereka buktikan dengan menjaga alam dan kebudayaan. Walaupun beraneka ragam wisatawan yang masuk dengan budayanya, namun kebudayaan lokal tetap terjaga.
Mereka tidak mudah terpengaruh dengan kebudayaan lain. Hal ini disebabkan karena kebudayaan mereka itu dijaga dengan penuh tanggungjawab. Di Bandara Ngurah Rai saja, ratusan booklet milik sejumlah biro perjalanan terjejer rapi.
Ambil contoh saat mengarungi Sungai Ayung di Campuhan, Ubud. Para pemilik tours rafting (arung jeram) bersama-sama menjaga kelestarian bukit dan sungai. Hotel yang ada di sepanjang bibir sungai tidak diperkenankan untuk membuang limbah ke sungai. Sesuai dengan kesepakatan, jika hotel tersebut membuang limbah, mereka akan dikenakan sanksi.
Sumbar juga memiliki sungai, laut, gunung, dan kebudayaan yang masih terjaga sepeti halnya di Bali. Bahkan, konon ombak kelas dunia untuk berselancar ada di Mentawai. Tidak ada satupun ombak di daerah lain di Indonesia menyamai ombaknya Mentawai.
Belum lagi kebudayaan. Bahkan, perkampungan asli Minangkabau masih ada di sejumlah daerah di Sumbar.
Ke depan inilah yang perlu diperhatikan pemerintah Sumbar. Mereka harus bisa mengelola potensi pariwisata kalau sektor ini dianggap bisa mengisi pundi-pundi pemerintah. Jangan dilupkan, Sumbar merupakan salah satu daerah destinasi (tujuan) wisata di Indonesia.

0 Responses to “Sumbar Tidak Kalah dengan Bali”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Desember 2007
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: