Mantan Bupati Limapuluh Kota Bebas Demi Hukum

Padang–Majelis hakim Pengadilan Negeri Payakumbuh memvonis bebas mantan bupati Limapuluh Kota Alis Marajo, Kamis (6/12). Terdakwa tidak terbukti melakukan korupsi dana APBD tahun 20004 sebesar Rp985 juta.
Selain itu majelis hakim I Dewa Made Alit, S.H., juga membebaskan mantan Sekdakab H Bachtar Bahar dan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Mufti Warman.
Dakwaan dan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Isnaedi, S.H., Mulyadi, S.H., pada persidangan sebelumnya mentah oleh putusan majelis hakim. Pada persidangan sebelumnya, JPU menuntut ketiga terdakwa hukuman lima tahun penjara, denda Rp200 juta dan subsidair enam bulan kurungan.

Di persidangan terungkap bahwa, apa yang terjadi antara Alis Marajo dengan H Anas  murni hutang pribadi. Tidak  ada sangkut pautnya hutang tersebut dengan pemerintah kabupaten.
Hal lainnya, dakwaan  itu tidak sesuai dengan pasal 11 PP 107 tahun 2000 tentang pinjaman daerah. Karena pinjaman pribadi, sehingga tidak memerlukan persetujuan DPRD Limapuluh Kota dan uangnya tidak masuk ke kas daerah.
Penasihat hukum terdakwa Ade Waldemar, S..H., mengatakan, dari awal kliennya tidak terbukti bersalah. Kalau pun disidang, kasus ini masuk ke ranah perdata, sebab hutang-piutang pribadi.
“Uang yang dihutangkan itu murni milik Alis Marajo,” katanya lagi.
Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh Sangarpin, S.H., akan mengajukan kasasi. Sebab, putusan majelis hakim tidak sesuai dengan keinginan jaksa.
Kasus itu bermula dari dugaan korupsi yang dilakukan Alis Marajo dengan cara dugaan meminjamkan dana APBD 2004  sebesar Rp986 juta kepada pihak ketiga. Karena tidak sesuai dengan  aturan, jaksa lalu melakukan penyelidikan dan penyidikan.
Namun ternyata, apa yang dilakukan JPU itu buyar, sebab majelis hakim tidak butki terungkap apa yang didakwaan jaksa.
Jaksa mendakwa dengan pasal berlapis yakni pasal 2 jo pasal 18 UU RI No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tidan pidana korupsi dan pasal 55 KUHP.

 

 

0 Responses to “Mantan Bupati Limapuluh Kota Bebas Demi Hukum”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Desember 2007
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: