Eri, Manusia Seribu Pulau

 siku21.jpg

Namaya Eri, 43, tinggal di Bandar Buat Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Lelaki ini dijuluki ‘Manusia Seribu Pulau’. Julukan itu bukanlah semabarang gelar saja, tapi sesuai dengan apa yang telah dialaminya. Tidak ada pulau yang tidak pernah disinggahinya. Hobinya, menyelam sambil menangkap ikan.
Siang itu salah seorang wisatawan di Pulau Sikuai meminta dia mengambil bulu babi yang ada di dalam air. Ia kemudian terjun masuk ke air bermodalkan sepotong besi dan kacamata anti air. Dalam hitungan detik, bulu babi itu sudah menancap di dalamnya.
Ia pun bergegas naik ke dermaga, dan kemudian menyerahkan bulu babi itu. Wisatwan itu kemudian memakan bulu babi itu dengan nikmatnya.
“Ini bagus untuk kesehatan. Orang Jepang dan Amerika paling suka makan ini. Kalau di luar negeri, harganya mahal,” kata wisatawan itu.
Menyelam bagi Eri sudah menjadi bagian hidupnya. Kerapkali ia diminta wisatawan atau orang biasa untuk mengambil ikan atau apa saja yang ada di air. Nafasnya kuat saat berada di dalam air. Seorang tentara saja pernah dikalahkannya saat adu kuat menyelam di laut.
“Saya biasa dimintai tolong orang untuk menangkap ikan,” kata Eri. Bukan itu saja, ia juga kerap dimintai tolong untuk mencari orang hilang di air.
Selama menyelam mencari ikan atau mencari orang, ia hanya menggunakan kacamata anti air buatan sendiri. Tidak perlu tabung gas atau pelampung. Bukannya sombong, tapi ia mengaku tidak bisa mempergunakannnya.
Ada yang lebih mengagumkan yang dilakukan Eri. Ia tidak hanya menyelam di siang hari, malam hari pun dilakukannya. Bahkan katanya, justru di malam hari itu jika mencari ikan, banyak didapat. Karena, pada saat itu, ikan banyak bermain di tepi dekat pantai. Sehingga mudah mendapatkannya.
“Kalau siang, ada juga ikan yang ke tepi, tapi tidak sebanyak malam hari,” katanya lagi

0 Responses to “Eri, Manusia Seribu Pulau”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: