Ribuan Warga Siap Tinggalkan Desanya

Padang– Ribuan warga di lima desa di Kecamatan Pagai Utara Selatan, mengaku siap meninggalkan daerahnya. Karena, akibat gempa yang terjadi desa mereka sudah tidak layak lagi ditempati.
Dari 10 desa yang ada di Kecamatan Pagai Utara Selatan, lima diantaranya mengalami kerusakana yang samgat parah. Ke-lima desa itu yakni Sikakap, Matobe, Malakopa, Taikako dan Silabu.
Kelima desa itu sebelumnya berada di bibir pantai. Namun, ketika terjadi, desa itu direndam air laut. Banyak rumah warga yang hanya kelihatan bagian atapnya saja.
“Hal itu diungkapkan warga saat digelarnya rapat kioordinasi antara bupati dengan warga desa itu,” kata Kepala Bagian Humas Pemkab Mentawai Adi Dharma, Jumat (28/9).
Dalam pertemuan itu, Bupati Mentawai Edison Salaleubaja emnayatkan, pihak berjanji segera mempersiapkan relokasi untuk warga kelima desa itu secepatnya.
Asal tak menyalahi tata ruang kita akan relokasi warga lima desa yang bermukim di sepanjang bibir pantai dalam waktu dekat. Mereka akan dipindahkan ke wilayah perbukitan. Terkait relokasi warga yang bermukim di wilayah bibir pantai Sekda menegaskan, pihaknya tentu lebih mengutamakan keselamatan masyarakat. Tapi bicara pemindahan akan lebih baik tercetus dari warga terlebih dahulu.
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Drs. Kurnia Sakerebau menyatakan, ada beberapa permasalahan yang ditemukan di tenda pengungsian. Seperti sanitasi dan kesehatan.
“Kami perlu bermusyawarah dengan seluruh pihak terkait untuk membicarakan relokasi ini,” kata Kurnia.
Ia menambahkan, roda pemerintahan dri Mentawai masih jalan seperti biasanya, meski sebagian besar bangunan dan peralatan elektronik di Kantor Bupati rusak berat.
Dalam pertemuan itu, warga juga mengharapkan bantuan logisitik. Sebab, pasokan makanan mereka semakin ahri semakin menipis.
Camat Pagai Utara Selatan Eliza Murti mengatakan, saat ini pasokan logistik sangat dibutuhkan masyarakat. Sebenarnya, banyak bantuan yang akan dikirimkan ke Mentawai. Namun, karena cuaca masih memburuk, ombak yang tinggi, membuat kapal yang hendak ke Mentawai masih takut berlayar. Ia berharap masyarakat bisa mengerti dan bersabar.

0 Responses to “Ribuan Warga Siap Tinggalkan Desanya”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Oktober 2007
S S R K J S M
« Agu   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: