HUT Bhayangkara dan Pengobatan Gratis

PADANG— “Ibu, namanya siapa? apa yang sakit,” tanya dr. Eka Purnama Sari kepada seorang ibu yang masuk ke ruang unit Reskrim Polsek Koto Agung, Sitiung, Dharmasraya. ” Nama saya Sarinem. Umur 60 tahun. akhir-akhir ini saya sering pusing dan sakit pinggang,” jawab ibu tersebut.

Dokter tersebut kemudian memeriksa Sarinem. Setelah periksa sana-sini, dokter Eka menulis resep obat yang kemudian diserahkan kepada asistennya. “Ibu tunggu sebentar ya,” kata dokter itu dengan ramahnya.

Asisten dokter itu dengan cekatan mencari obat yang diminta. Setelah itu, ia memasukkan ke dalam plastik lalu menyerahkannya kepada Sarinem.

Dokter Eka lalu memberikan petunjukan cara meminum obat. Sarinem mengangguk-angguk seperti mengerti dengan anjuran itu. Setelah itu Sarinem beranjak pergi.

Tidak lama kemudian masuk lagi laki-laki tua ke ruang unit Reskrim. Seperti yang Sarinem, laki-laki yang bernama Rizal Abbas, 70, lalu menyampaikan keluhan penyakitnya. Setelah diperiksa dan diberi obat, lelaki itu beranjak pergi.

Dibuka dari pukul 09.00 WIB, dokter Eka sibuk melayani warga Sitiung yang berobat. Ruang Reskrim yang biasanya memeriksa penjahat, sekarang berganti menjadi tempat pelayanan kesehatan gratis.

“Sudah 60 pasien yang kami periksa. Ternyata, pengobatan gratis ini dibutuhkan warga,” kata Eka yang sehari-harinya menjadi dokter di Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Sumbar.

Pemberian pelayanan kesehatan gratis itu dimaksudkan untuk membantu warga yang kesulitan berobat. Ini merupakan salah satu program dari Polda Sumbar dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-61.

Selain digelar di Polsek Sitiung I Koto Agung, pemberian pelayanan kesehatan gratis juga dilaksanakan di Mapolres Dharmasraya.

“Tidak hanya anggota Polri saja yang berobat dan mengecek kesehatan. Warga juga diperkenankan untuk datang ke sini,” tutur Eka.

Rata-rata pasien yang datang mengeluhkan sakit demam dan flu.

Pemberian pelayanan kesehatan gratis tersebut memang dilaksanakan di dua lokasi itu. Ia berharap, di kemudian hari, kegiatan serupa juga dilaksanakan di banyak tempat.

Kapolda Sumbar Brigjen Pol Utjin Sudiana menyatakan, pemberian pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat merupakan salah satu kegiatan HUT Bhayangkara dengan tema ‘Polisi Mitra Masyarakat’.

Dengan kegiatan seperti ini, polisi diharapkan bisa lebih dekat kepada masyarakat.

Ia mengatakan, di era reformasi, polisi terus berupaya menciptakan kondisi aman, damai, adil, demokratis dan mensejahterakan rakyat.

“Polisi sudah mereformasi diri. Polisi saat ini menjadi bagian masyarakat sipil,” kata Utjin.

Sehingga polisi menjauhkan diri dari sikap sombong dan arogan. Polisi harus bisa menampilkan diri sebagai petugas yang dicintai, dimiliki dan dibangggakan oleh masyarakat.

Berbagai upaya telah dilakukan polisi untuk mendekatkan diri kepada masyarakat Salah satunya dengan strategi perpolisian masyarakat (Polmas).

Kepala Bidang Kehumasan Polda Sumbar AKBP Bambang Hermanto menyatakan, meyambut HUT Bhayangkara, Polda Sumbar jauh dari sikap hura-hura. Peringatan dilaksanakan dalam suasana kesederhanaan.

Sejumlah perwira menengah diinstruksikan menjadi inspektur upacara di Polsek. Sama seperti tahun lalu, perwira tinggi dari Mabes Polri juga menjadi Irup di Sumbar.

2 Responses to “HUT Bhayangkara dan Pengobatan Gratis”


  1. 1 bat man Juli 9, 2007 pukul 9:02 am

    selain obati pisik – mari kita obati juga psikis dan birahi

  2. 2 rano maradona Mei 17, 2011 pukul 3:27 am

    assalam…saya bangga dgn polisi sitiung kab dhamasraya yg telah berpatisipasi dg mengadakan penyuluhan dan pengobatan gratis.,tpi tujuan saya membalas coment iniadalah,saya dri padang ingin mencari polisi sitiun yg bernama RUSLI,krn dia setelah memesan tiket dgn saya pd tgl 9 april,sampai skrg dia blum bayar,dan handpohone nya sudah tidak aktif lagi,jd saya mohon bantu kpd bpk kapolsek atw staff setempat untuk membantu saya ,agar dapat saya berkomunikasi dgn RUSLI tersebut..wassalam trima kasijh sebelumnya.

    pdg ,17 may 2011

    rano maradona


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: