Berkas Man Robert Hampir Selesai

Padang, Singgalang

Minggu depan, seluruh berkas penyidikan kasus tewasnya Rusman Robert, 37, warga Nagari Kacang, Solok, selesai. Dengan demikian, tujuh tersangka anggota Kodim 0309 Solok segera diadili di pengadilan militer Padang.

Komandan Detasemen Polisi Militer (Danden POM) 1/4 Padang, Letkol CPM Dono Kuspriyanto kepada Singgalang, Minggu (24/6) mengatakan, berkas penyidikan yang telah dilakukan oleh Den POM akan diserahkan ke Oditur Militer Padang.

Khusus terhadap Letkol Inf. Untung Sunanto (mantan Dandim 0309 Solok), Dono akan mengusahakan agar ia diperiksa dan diadili di pengadilan militer Padang.

Menurut aturannya, untuk perwira menengah dan perwira tinggi yang bermasalah biasanya di adili di Oditur Militer Tinggi (Odmilti) dan Pengadilan Militer Tinggi (Pilmilti) di Medan.

“Tapi saya akan usahakan agar Dandim tersebut di sidang di Padang. Sebab jika dilaksanakan di Medan, tentu para saksi juga dibawa kesana. Untuk mendatangkan saksi ini ke Medan, kita masih kesulitan. Tapi kita lihat saja bagaimana nantinya,” kata Dono lagi.

Ia menambahkan, Penasehat Hukum Kondam I Bukit Barisan, Mayor CHK. Zebua, S.H, telah datang di Kota Padang. Kehadirannya untuk mendampingi tujuh tersangka yang terlibat dalam kasus penculikan dan pembunuhan Rusman Robert.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Rusman Robert warga Kanagarian Kacang Kabupaten Solok, ditemukan tewas di dalam Danau Singkarak oleh warga setempat.

Sebelum menemui ajalnya, Rusman Robert dan beberapa rekannya sempat terlibat perang urat syaraf dengan Komandan Kodim 0309 Solok yang pada waktu kejadian baru pulang dari luar kota.

Pertengkaran itu terjadi ketika Rusman Robert dan rekan-rekanya sedang bekerja sebagai pengatur lalulintas yang macet akibat ruas jalan di tempat kejadian perkara (TKP) rusak parah akibat gempa bumi yang melanda kawasan Sumbar beberapa waktu lalu.

Namun, tiba-tiba antara pemuda yang menjaga lalulintas tersebut terlibat adu mulut dengan Komandan Dandim Solok itu. Kemudian Dandim tersebut pergi meninggalkan tempat kejadian.

Tidak berapa lama kemudian, datang tiga orang anggota intel Kodim 0309 Solok dengan mobil patrolinya ke lokasi kejadian dengan maksud ingin mengamankan para pemuda tersebut.

Melihat yang datang adalah anggota TNI, kawanan pemuda itu takut dan lari, bahkan ada yang melompat ke danau untuk menyelamatkan diri. Namun naas bagi Rusman Robert, ia tertangkap ketika hendak melarikan diri dari anggota TNI tersebut. Ia pun dibawa ke markas Kodim.

Namun beberapa hari setelah kejadian, warga setempat dikejutkan dengan penemuan mayat Rusman Robert di dalam danau. Rupanya setelah penangkapan pada malam itu, ia tidak pernah pulang kerumahlagi sampai mayatnya ditemukan.

1 Response to “Berkas Man Robert Hampir Selesai”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Juni 2007
S S R K J S M
    Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


%d blogger menyukai ini: