Menikmati Pijat Plus-plus

foto-saya1jpg.jpg“Semula ia datang ke kota ini bertujuan mencari pekerjaan. Karena lahan pekerjan yang minim, akhirnya ia terdampar di salah satu tempat pijat di dekat Pantai Padang dengan gaji seadanya”.

PADANG–Pijat sekedar relaksasi atau seks? Kali ini tim investigasi Singgalang mengangkat lika-liku dunia pijat-memijat. Selain menawarkan pijat kebugaran, ternyata panti pijat juga menyediakan layanan seks sesaat.

Di Kota Padang, sudah sejak tiga tahun terakhir bermunculan tempat-tempat pijat di beberapa sudut kota. Banyak anggapan dari berbagai kalangan terkait urusan pijat memijat ini. Tidak hanya sekedar untuk membuat tubuh bugar. Namun, pijat tidak hanya membuat tubuh menjadi rileks dan terasa bugar, tetapi konon dapat pula melancarkan peredaran darah hingga menyembuhkan penyakit.
Sudah baran tentu, semua orang mengetahui apa itu pijat. Pijat, bahkan sudah dikenalkan sejak kita masih bayi. Sehingga ada bermacam jenis pijat seperti refleksi, tradisonal bahkan yang paling hot namanya pijat plus-plus.

Makin banyaknya tempat pijat, juga meramaikan dunia prostitusi. Tempat pijat sering disalahgunakan oleh pemiliknya menjadi tempat prostitusi terselubung.

“HD” adalah salah satu tempat pijat di Kota Padang yang cukup bersih. Ruang pijatnya hanya dibatasi dengan selembar tirai. Sehingga aktifitas para pemijat dan tamunya dapat terkontrol. Di tempat seperti ini cukup sulit untuk melakukan aktivitas di luar pijat, karena cenderung terbuka.

Di tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana lain. Selain pijat, tamu yang datang juga bisa menikmati fasilitas relaksasi lainnya, seperti sauna atau mandi uap maupun berendam dengan air panas. Tempat pijat yang dilengkapi sarana penunjang lain, sudah barang tentu cukup mahal.

Sayangnya, untuk menarik peminat, kenyataannya banyak tempat pijat yang menawarkan hal lain. Banyak tempat prostitusi yang berkamuflase sebagai tempat pijat. Untuk sekali pijat di sana, cukup mengeluarkan sebanyak Rp100 ribu.

Seperti yang diutarakan Indah, 35 (bukan nama sebenarnya). Ia mengaku berasal dari pulau Jawa. Ia baru enam bulan berada di Kota Padang.

Semula ia datang ke kota ini bertujuan mencari pekerjaan. Karena lahan pekerjan yang minim, akhirnya ia terdampar di salah satu tempat pijat di dekat Pantai Padang dengan gaji seadanya.

“Gaji saya tergantung banyaknya tamu yang datang ke tempat ini. Rata-rat per bulannya sayang mendapat uang dari majikan Rp150ribu. Uang sebanyak itu mana cukup untuk diberikan kepada keluarga di kampung,” ujarnya.

Untuk menambah pengahasilannya, jika diminta, ia bersedia memberikan layanan tambahan jika sesuai dengan harga yang disepakati dengan tamunya.

“Awalnya memang bertentangan dengan hati nurani. Lama kelamaan kahirnya saya menjadi terbiasa. Bahkan sekarang saya sering memancing tamu untuk mendapatkan layanan tamabahan. Pijat luar dalam,” ujarnya tersenyum renyah.

Lain lagi dengan Indah. Sonya, 26 (juga bukan nama sebenarnya), secara terang-terangan mengakui bahwa ia telah lama bekerja sebagai tukang pijat. Baik pijat yang sebenar pijat maupun pijat plus.

Selain menjadi pekerja di salah satu tempat pijat, Sonya juga menerima panggilan dari tamu-tamu hotel yang membutuhkan jasa tukang pijat. Untuk hal ini, ia bekerjasama dengan petugas hotel.

“Door to door, bang. Kalau ada tamu hotel yang menggunakan jasa tukang pijat, petugas hotel menghubungi saya melalui handphone,” katanya.

Diakuinya, ia lebih senang menerima panggilan tamu hotel daripada tamu yang datang ke tempat pijat ia bekerja. Selain pijat, yang pasti tamu hotelnya selau minta layanan plus, uang yang diterimanya dari tamu tersebut lumayan banyak. Apalagi jika si tamu merasa mendapat service memuaskan.

“Jika saya melayani tamu hotel, dalam satu malam saya bisa mengantongi uang sebesar Rp800ribu hingga Rp1juta,” katanya lagi.

Kenyataan ini membuat panti pijat yang sesungguhnya, maupun pekerjanya merasa tercoreng. Bahkan, banyak pula yang malu mengaku menjalani pekerjaan sebagai pemijat. Di sisi lain, godaan untuk melayani kencan cukup deras di kalangan pemijat yang bekerja di panti-panti pijat.

Gaji yang cenderung rendah membuat mereka mengharapkan pendapatan lain dengan memberi pelayanan khusus bagi tamunya. Sehingga, menjadi pemijat plus dianggap sebagai celah untuk mendapat uang dengan mudah.

Dengan kemampuan pijat sekedarnya, wanita muda dengan tubuh mulus ini, ikut meramaikan etalase etalase panti pijat. Mereka tidak sekedar memberi pelayanan pijatan, tetapi juga menawarkan tubuhnya sebagai jasa pemuas syahwat.

Wanita-wanita muda cantik inilah yang menghiasi sejumlah panti pijat. Di antara mereka, selain berumur 20-an, juga terdapat yang masih berumur belasan.

Kebanyakan, mereka adalah pencari kerja yang ujung-ujungnya menjadi pemijat plus. Selain memijat para tamu, mereka juga memberi layanan kencan. Bahkan, tamu pun diberi pijatan khusus di alat vital.

Menceburkan diri menjadi pemijat yang sekaligus penghibur lelaki, sesungguhnya mereka jalani karena penghasilan sebagai pemijat tidak terlalu besar. Sedangkan untuk keluar sebagai karyawan panti pijat, tidaklah mudah, karena terikat kontrak.

Sadar bahwa pemijat plus bukanlah pekerjaan yang baik, membuat banyak kalangan ini menutupi pekerjaan sesungguhnya di hadapan keluarga. Sehingga, yang diketahui keluarga, hanyalah mendapat hasil jerih payah mereka, tanpa tahu bahwa mereka termasuk golongan perempuan pemuas nafsu lelaki.

Menanggapi fenomena ini, Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) Kota Padang Budhi Erwanto mengakui bahwa di Kota Padang terdapat lebih kurang dari 15 tempat pijat.

“Kita masih kesulitan untuk mengidentifikasikan apakah ada di salah satu tempat pijat yang ada itu menawarkan jasa tambahan alias plus-plus,” kata Budhi.

Budhi menegaskan, bila ada laporan dari masyarakat bahwa diantara tempat pijat yang ada itu melakukan kegiatan mesum, Satpol PP Kota Padang tidak akan pandang bulu, siapapun pemiliknya, akan ditindak tegas. Jika terbukti diantara tempat pijat itu yang tidak mengantongi izin usaha, maka akan ditutup.

Mengenai izin usaha untuk tempat pijat ini, pemerintah kota telah menetapkan aturan bahwa di sekitar pemukiman penduduk, dekat sekolah, rumah ibadah dan fasilitas umum tidak dibenarkan membangun tempat pijat ini.

Pihaknya sering melakukan penertiban di berbagai tempat pijat. Hanya saja ketika sampai ke tempat pijat itu, ia tidak menemui adanya pijat plus-plus. Yang ditemukan hanya pelanggaran tidak adanya pemilik memiliki izin usaha.

“Kami berharap, demi ketertiban bersama, jika ada masyarakat yang mengetahui pijat plus-plus ini, segera beritahu. Setiap pelanggaran tentu akan ditindak,” katanya lagi.SM.Ridha/Rio/Eriandi

54 Responses to “Menikmati Pijat Plus-plus”


  1. 1 anggara Juni 26, 2007 pukul 3:32 am

    pernah menikmati juga nggak pak, he…he…he… just kidding

  2. 2 ABe Juni 30, 2007 pukul 7:24 am

    hmm..kayanya di Jogja juga sama :))

  3. 3 Q-meck Juni 30, 2007 pukul 11:13 am

    kalau muammar emka, untuk menulis jakarta undercover dia menikmati langsung kehidupan yang ia tulis, bagaimana dengan anda pak??? mungkin jawaban bapak indak, maksudnya indak banyak2, senek se…he2

  4. 4 gendon Juli 5, 2007 pukul 3:11 pm

    kalau ada warga yang tahu pijat pijat plus.jangan lupa kasih tahu yang lain..wakaka..ka

  5. 5 Bagor Juli 26, 2007 pukul 12:25 pm

    pijat ….. memang dilakukan agar otot-otot menjadi lemas.
    pijat plus… dilakukan agar SEMUA otot menjadi lemas

  6. 6 Majalah " Dewa Dewi " Agustus 3, 2007 pukul 6:52 am

    Wah wah wah. Abis pijat tambah lemes, bukannya bugar, dech.

  7. 8 zulidamel Agustus 25, 2007 pukul 6:35 am

    Ini harus ditangani dengan hukum adat. Dulu dilakukan oleh masyarakat. pelaku diarak keliling kampung, tampaknya lebih efektif dan disini tidak berlaku sogok menyogok. Kalau sekarang semuanya diserahkan ke polisi, tau aja kasih uang selesai…!

  8. 9 lameh, wartawan solok November 8, 2007 pukul 10:20 pm

    mati den

  9. 10 bro November 20, 2007 pukul 1:03 pm

    tambah rancak sajo padang kini untuak palapeh panek yo da,………………

  10. 11 ronaldraden Desember 25, 2007 pukul 1:08 am

    sejak zaman saisuak kala, hal-hal macam ni sudah ada.. sama umurnya sejak manusia mendiami bumi..
    ente2 jangan munafiklah…. ketika lagi enak2 makan, ada orang2 diluar sana yang untuk
    makan hari ini aja gak ada duit…. kalo perempuan jika tak ada modal, tak ada sanak-famili, pendidikan rendah en kepandaian tak ada, ceme’eh urang padang menyakitkan hati…. capek dehhh…. apalagi yang akan dijual ato ditekuni kalo ndak yang itu..tu…..
    kesulitan ekonomi membuat orang2 berbisnis dengan menprofitkan yang haram..
    apakah urang bisa hidup, makan dengan agidah????/

  11. 13 ndoloBH Desember 31, 2007 pukul 5:18 am

    padang memang diyam-diyam menghanyutkan :D
    waktu pertama merantau ke padang tahun 2005 dulu sempet punya pemikiran kalo padang itu masih “murni” aliyas belum “macem-macem” kayak kota2 laennya.

    tapi ternyata… sami mawon, aliyas podho wae :D
    cuma emang disini agak terselubung, beda dengan di kota2 laen.

  12. 14 Lind4 Maret 26, 2008 pukul 4:25 am

    aduh,aduh. . .
    si bapak ini. .
    terserah de,no coment

  13. 16 cinker Mei 11, 2008 pukul 3:52 pm

    da….tempatnya di mana tuh….? kapan2x ikut donk.
    heee….heee….!!

  14. 17 andre Agustus 17, 2008 pukul 4:18 am

    gue punya link nih untuk yang doyan pijet.
    bisa didownload dan cukup akurat
    kebanyakan sih di jakarta.

    http://bulatbugil.blogspot.com

  15. 18 ARIFINO September 8, 2008 pukul 7:30 am

    SEHARUSNYA PEMERINTAH MENUTUP TEMPAT2 YANG DI LAKNAT ALLAH ………
    SEGERALAH INSAF WAHAI MANUSIA PENGHUNI NERAKA JAHANAM

  16. 19 Mr.T Oktober 13, 2008 pukul 7:02 am

    Maaf bang.
    Saya boleh minta alamat atau nomor pemijat plus yang bisa dihubungi dan yang ada di padang atau di medan.atau mungkin yang berada di aceh.
    saya butuh itu karena bos tempat saya bekerja sering suruh saya untuk cari yang gituan.karena di aceh susah dapatnya. saya sering dimarahi dan diomelin ama bos. tolong ya bang.
    thank a lot ya bang.

  17. 20 zulfikar November 24, 2008 pukul 9:22 am

    para tukang pijat plus rata-rata masalah ekonomi.jadi saran kepada satpol pp agar dalam bertindak haruslah bijak jangan sekedar memberantas tetapi tidak ada pembinaan dan lahan kerja yah..percuma saja.saya yakin mrk berpropesi sbg tukang pijat plus tdk sesuai dgn hati nurani tp apa boleh buat dari pada kelaparan…..trimakasih

  18. 21 rieke Januari 12, 2009 pukul 12:39 am

    Melayani pijat/lulur hanya utk hotel/apartemen
    Putih, rambut sebahu 51 kg / 163 cm
    Call/SMS ke 0852 8449 5669

  19. 24 Amiruddin Zikrullah Januari 12, 2009 pukul 5:37 am

    Sebenarnya hal itu adalah lumrah….. apalagi di tengah kehidupan yang semakin susah….
    Yang terpenting adalah janganlah membuat keributan dan berlaku munafik….
    Bersikap positiflah dalam menilai suatu masalah….. jangan selalu menilai negatif seolah-olah Anda orang yang paling bersih…. Biarkan manusia itu sendiri yang mempertanggungjawabkannya di hadapan Allah….

  20. 25 jemmy Februari 10, 2009 pukul 7:16 am

    Trik menarik Uang tunai di atm bca / mandiri tanpa mengurangi saldo anda sedikitpun !!! 100 % Terbukti nyata !!!

    Trik ini tidak lama lagi akan membuat anda berteriak sekuat mungkin seperti ini :

    Bebaaaassss….. bebas dari hutang….. mau belanja di supermarket tinggal gesek…. Butuh uang tinggal ke atm… bebaaaaasssss…. !!!!

    Saudara saudara…
    Beruntunglah anda yang telah membaca dan menemukan web ini.

    Trik ini adalah hasil kerja sama 5 orang hacker yogya – Jakarta – bandung yang terlah kami beri nama atas kesepakatan bersama yaitu ;

    THE MAGIC CARD

    INGAT !! SISTEM TRIK INI HANYA BERLAKU UNTUK ANDA PEMEGANG ATM BCA ATAU MANDIRI, JIKA ANDA TIDAK TERMASUK DALAM KATEGORI ATAU TIDAK TERTARIK SILAKAN CLOSED WEB INI SEKARANG !!!
    AGAR TIDAK MEMBUANG WAKTU ANDA.

    Ok, jika anda tertarik anda harus mengetahui beberapa hal :

    Anda nasabah/pemegang kartu atm BCA/mandiri.
    Usahakan internet banking aktif, tidak pun tidak apa2.. hanya untuk memudahkan mengawasi pengeluaran anda agar tidak melewati limit.
    Trik The MAGICCARD ini 100% aman, karena system trik ini hanya untuk menarik bunga bank dari deposito berjangka.
    Penggguna atm bca silver punya lmit 2 juta perhari, untuk gold 6 juta perhari, untuk kartu mandiri 1,5jt perhari.. ingat jangan melewati limit !!!
    Anda boleh beritahukan trik ini pada keluarga, teman, kerabat, pacar, anda atau bahkan anda boleh jual trik ini, terserah anda…. Tapi ingat … jangan mahal2… Bantu lah sesama…
    Trik mudah digunakan selamanya.. selama bank BCA dan mandiri belum di liquidasi
    Kalau sudah menjalankan trik ini… jangan lupa zakat/infaq/sedekah… jangan lupa diri !!!
    Trik ini kami jamin merubah gaya hidup anda !!!

    The magic card

    Adalah kumpulan huruf dan angka ( disebut script dan dos ) yang pada bagian pertengahannya tinggal anda ketikan no rekening anda saja.
    Lalu kirimkan keserver, nanti kami beri tahu catranya dengan detail.
    Sekarang kami mau Tanya dulu pada anda…
    Bersediakah anda membayar hasil keringat lima orang hacker ini sejumlah Rp.20.000 (dua puluh ribu rupiah) ???

    Mungkin anda langsung bilang :
    “yaahh.. kirain gratis..”
    “Ah… paling penipuan…”
    “Laahhh.. Udah punya trik ATM koq masih jualan sih??”
    “koq.. Kenapa dua puluh ribu ???

    Jawaban kami:
    Tri ini adalah proyek yang telah memeras otak kami, bisakah anda menghargai karya kami dengan 20rb perak yang akan merubah hidup Anda ?!
    100% kami nyatakan bukan penipuan, silahkan kirim email pada kami dan kami akan balas segera dan sekaligus mengirimkan trik ini dalam bentuk text dan pdf yang di compress menggunakan winzip yang bisa anda download langsung dan save kekomputer anda. Tapi untuk membuka file tersebut kami beri password, password kami berikan setelah anda bayar 20rb.. cukup fair kan?

    jika Anda tidak minat pada trik ini dan tidak mau keluar uang 20 rb perak untuk masa depan Anda sendiri ?? stop membaca.. dengan hormat silahkan closed web ini

    jika Anda minat … ok…
    silahkan baca dengan detail skema dibawah ini :
    1. kirim kan sebuah email ke alamat kami je_oneway@yahoo.co.id tulis judul/subject ; SAYA MINAT !!! jangan lupa catat/save alamat kami di addressbook email anda, agar memudahkan penerimaan balasan, gunakan email berbasis yahoo atau gmail dan konfirmasi sms: ketik: konfirmasi. Nama Anda kirim 081803821871.
    2. dalam hitungan jam anda akan segera menerima balasan dari kami, berisi sedikit panduan dan no rekening kami. Silahkan langsung saja download file attachment dibagian bawah surat, nama filenya : THE MAGIC CARD.zip . untuk membuka/mengestrak file THE MAGIC CARD.zip anda akan dimintai sebuah password.
    3.setor / transfer dana sesuai ketentuan Rp.20.000 ke rekening yang ada di email kami tersebut.
    4.segera balas/buat email kami berisi konfirmasi pembayaran anda, tuliskan nama anda sebagai penyetor.
    5.dalam 1x3jam anda akan menerima email balasan berisi berjudul “PASSWORD THE MAGIC CARD ANDA”
    6.didalam nya ada password, segera masukan password tersebut ke bar password THE MAGIC CARD yang telah anda download.
    7. jalankan trik THE MAGIC CARD dan sekali lagi saya ingat kan… JANGAN LUPA DIRI !!!

  21. 27 fary Februari 10, 2009 pukul 10:06 am

    sya udh belasan thun di pdg, tp kok g’ tau ya klo dpdg jg ada pijat plus-plus spt di Jkt,Ygy, Bdg, Btm, etc dah….
    Klo begitu, kpn saya kpdg, ingin coba juga donk….
    Hehehe…. 3x
    Oya, mohon dikasih tau tempat nya yg dpdg.

  22. 28 jimtans April 27, 2009 pukul 12:22 pm

    pijat plus-plus di sukabumi ada yg tau gak..???

  23. 29 Ferry Mei 16, 2009 pukul 4:24 pm

    Pijaat wueeeeenakkkk tenant goyang kanan goyang kiri ondeh mande lamaknyo goyang joa adiak ko lapeh panek uda………….he he he

  24. 30 andi September 4, 2009 pukul 6:25 am

    enak ya mati dehhhhhhhhhhhhhhhhh

  25. 31 andi September 4, 2009 pukul 6:27 am

    waduh enak

    yahoooooooooooooooooooooooooooooo

  26. 32 Wempi Oktober 18, 2009 pukul 7:04 am

    wempi pernah ketemu & berbicara sedikit dengan ‘mungkin’ psk khusus panggilan untuk wisatawan asing di pantai c****s taluakkabuang sambil menunggu speedboat untuk mengantar ybs ke kapal pesiar yang bersandar disana.

    diharapkan ada instansi yang bisa terus mengamati kapal pesiar yang jangkar dipadang, kalau pingin tangkapan psk/germo kelas kakap terorganisir.

  27. 33 jhon. November 8, 2009 pukul 7:25 am

    yo dima tampek nyo cewek plus2 di kota pdg tu .kasih tau ya alamat nya.

  28. 34 iblis Desember 17, 2009 pukul 5:34 pm

    makanye ade gempa di padang…Hiks…

  29. 35 bim2 Januari 31, 2010 pukul 6:53 am

    saya ingin menikmati nya tapi tidak tahu tempat alamat jelas tolong di kasih tahu pak
    terima kasih

  30. 36 angel cute Februari 26, 2010 pukul 11:28 am

    Mau tanya, panti pijat “HD” di padang itu daerah mana ya?

  31. 37 endi April 15, 2010 pukul 6:18 am

    pak klo alamat tempat panti pijat di pekanbaru dmn?

    Trims

  32. 38 endi April 15, 2010 pukul 6:20 am

    Pak alamat panti pijat plus di kota Pekanbaru dmna?

    Trims

  33. 39 ipam April 27, 2010 pukul 11:59 pm

    bleh tau gag mas
    alamat lngkapnya?
    slain ddkt pantai pdg dnb lg mas kalu di kawasan sumbar?

  34. 40 izur Juli 22, 2010 pukul 5:57 am

    aku mau dong pijet plus2

  35. 41 Hendri Susanto Agustus 1, 2010 pukul 5:31 am

    numpang lewat ya :D memang topik nya menarik nih sampai nyasar kemarin – thanks bos atas artikel nya

  36. 43 wandy palitokantinyo Mei 31, 2011 pukul 11:36 am

    mengutip pernyataan ka satpol PP kota padang sdr Budhi erwanto..bahwa pemerintah kota padang memberi izin panti pijat dengan catatan tidak di dekat tempat ibadah, tidak didekat pemukiman penduduk, tidak didekat sekolahan dan tidak didekat fasilita umum,…artinya apa….???? ini berarti mengizinkan praktek asusila di panti pijat tersebut….biar tidak digrebek masyarakat. klo memang panti pijat itu murni pijat kebugaran… kenapa mesti jauh dari tempat2 yang disebutkan diatas tadi…..Alamak…. hilang minang tingga kabaunyo……

  37. 44 Mbah Mitro Juli 13, 2011 pukul 3:35 am

    ra po po , lha korupsi wae isih akeh kok. nanging aku yo gak nglakoni kaya kuwi. ya bagi yang lemah imanya saja. Tak dongakke sing drung sadar enggal sadar.

  38. 45 jimmy Juli 15, 2011 pukul 7:02 pm

    Wahalakasamsam

  39. 46 Kucing Garong September 9, 2011 pukul 5:32 am

    Jadi manusia gag usah MUNAFIK dan OVER SUCI…Yang mau pijat, memijat, pijat-memijat-dipijat..ya silakan…Yang mau tidur dirumah dan Shalat 33 X sehari…Ya itu SUAANGAAT BAIIKK…Mau sorga dunia, mau sorga akhirat..itu pilihan kita masing-masing….Jangan menghakimi manusia kalau GAG TAHU PENYEBABNYA dan GAG BISA MEMBANTU MENGATASINYA…Atau mau ikut menanggung beban hidup adik-adik kita yang terjerumus, disucikan dan dijadikan wanita Shalihah????

  40. 47 Abdullah Desember 13, 2011 pukul 5:53 pm

    Dalam bayangan orang sekarang maunya instan aja, padahal itu sekejap, benar2 sekejap. Tapi anda kalo tau, dari yg sekejap itu kelak akan berbuah berabad-abad lamanya. kebaikan akan berbuah kebaikan, Surga. Tapi kejelekan juga akan berbuah kejelekan pula, neraka. Anda percaya, mari jalani kebaikan, insyaf segera dari kelalaian selama ini. Krn itu semua kejelekan adlah hasil bujuk rayu setan. Memang setan ada dlm bentuk jin maupun manusia. Maka waspadalah sdr ku.

  41. 48 JOHN REKETEK Desember 14, 2011 pukul 9:45 pm

    UTUANG ADO TUKANG PIJAT, KALAU INDAK TANTU LAH TAGANG SE KITO KASADONYO.

  42. 49 Brian Januari 3, 2012 pukul 9:16 am

    walah saya sudah lama di padang Ancur mang pikiran saya padang kota bersiha indah dan beradap tapi urusan pijat memijat ditambah plus plus memang banyak bahkan anak kampus pun prakterk plusss juga apa pak pol PP hanya pura pura kagak tahu aja mungkin ikutan mijat yaaaaa heee mantap da…..

  43. 50 american health care Desember 18, 2012 pukul 11:10 pm

    I leave a comment when I like a post on a site or if I have something to
    add to the discussion. It is caused by the passion displayed in the article I looked at.

    And on this article Menikmati Pijat Plus-plus Eriandi.
    I was actually moved enough to post a thought :
    ) I actually do have 2 questions for you if it’s allright. Is it only me or do a few of these responses appear as if they are coming from brain dead folks? :-P And, if you are writing at additional online social sites, I’d like to keep up with you.
    Would you make a list the complete urls of all your shared sites like
    your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?

  44. 51 Never Cold Call Again Torrent Januari 29, 2013 pukul 6:31 pm

    Quality articles is the key to invite the visitors to
    pay a quick visit the site, that’s what this web site is providing.

  45. 52 andre Maret 3, 2013 pukul 8:06 am

    tempat panti pijat di siak dimana? salam satu jiwa

  46. 53 ahmad Maret 11, 2013 pukul 3:39 pm

    FPI manaaaaaaaaaa………


  1. 1 2010 in review « Eriandi Lacak balik pada Januari 3, 2011 pukul 5:31 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Tangkelek

Juni 2007
S S R K J S M
    Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Masukkan alamat email Anda

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya.

Bagian

Informasi

Bagi anda yang ingin mengirim tulisan atau berita, layangkan ke eriandi_ganteng@yahoo.com

Harian Singgalang

tweet saya


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 299 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: